Tuesday, April 30, 2019

Makanan Sumber Vitamin A Untuk Tubuh

Makanan Sumber Vitamin A Untuk Tubuh - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai makanan sumber vitamin A untuk tubuh. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Makanan Sumber Vitamin A Untuk Tubuh


Vitamin A merupakan kelompok vitamin larut lemak yang bertugas menjaga fungsi penglihatan, sistem kekebalan tubuh, serta perkembangan tubuh lainnya. Terdapat 2 jenis vitamin A yakni yang berasal dari hewan disebut dengan retinol dan yang berasal dari nabati yang dikenal dengan beta karoten. Kedua vitamin A tersebut sangat baik untuk tubuh. Berikut adalah makanan sumber vitamin A untuk tubuh.

Pepaya

Buah pepaya memiliki ciri khas daging yang berwarna orange serta bijinya yang hitam tersebar ditengah buahnya. Pepaya ternyata salah satu buah yang kaya akan sumber vitamin A yang tentunya sangat baik bagi tubuh. Hal ini terbukti dengan adanya sekitar 1.038 mcg beta karoten di dalam 100 gram pepaya.

Paprika

Anda tentunya tidak asing lagi dengan paprika. Paprika merupakan salah satu cabai dengan beragam warna cantik yang juga sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Bukan hanya sekedar memberi rasa dan membuat tampilan makanan lebih menarik, dalam 100 gram paprika juga menyumbang sekitar 157 mcg beta karoten.

Hati Sapi

Selain dari nabati, sumber vitamin A juga diperoleh dari hewani yaitu hati sapi. Hati sapi kerap di kenal sebagai salah satu jeroan yang kaya akan retinol dan kandungan retinolnya sebanyak 1.201 mcg. Meski begitu, Anda sangat tidak dianjurkan untuk makan jeroan setiap hari karena ada berbagai efek samping yang mengikuti setelahnya. Bahkan resiko Anda semakin besar untuk mengalami kelebihan vitamin A.

Bayam

Selain memiliki kandungan zat besi, bayam juga diketahui memiliki kandungan vitamin A yang sangat banyak. Terdapat sekitar 2.699 mikrogram (mcg) beta karoten pada 100 gram (gr) bayam.

Keju

Apakah Anda salah satu pecinta keju? Jika ya, itu sangat baik sekali karena keju kaya akan kandungan kalsium dan zat besi serta dilengkapi juga dengan retinol dan beta karoten sebagai sumber vitamin A. Ada sekitar 227 mcg retinol dan 128 mcg beta karoten dalam 100 gram keju.

Itulah beberapa makanan sumber vitamin A bagi tubuh yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Makanan Sumber Vitamin A Untuk Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment