Thursday, April 25, 2019

Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Pengolahannya

Manfaat Bunga Pepaya - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai manfaat bunga pepaya. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Pengolahannya


Terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman pepaya. Bukan hanya buahnya saja, bunga pepaya pun ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dan salah satu manfaat bunga pepaya yaitu dapat memelihara kesehatan jantung.

Manfaat ini dapat diperoleh karena bungan pepaya ini mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti natrium, kaliu, beta karoten, lemak, mineral, karbohidrat, dan protein. Berikut adalah beberapa manfaat bunga pepaya bagi kesehatan, diantaranya:

Memelihara Kesehatan Jantung

Bunga pepaya memiliki kandungan beta karoten yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kandungan mineral, vitamin, dan beta karoten seperti halnya bunga pepaya ini dapat menurunkan resiko terserang penyakit jantung dan berbagai jenis kanker. Meskipun demikian, namun hal ini masih perlu diteliti dengan lanjut.

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Di dalam bunga pepaya terkandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, seperti kalium. Mineral ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta mendukung kerja otot, saraf, dan juga jantung.

Memelihara Kesehatan Jaringan dan Daya Tahan Tubuh

Bunga pepaya merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan protein. Kandungan protein ini akan membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan, salah satunya yaitu untuk membangun serta memperbaiki jaringan tubuh. Tak hanya itu, protein dari bunga pepaya juga merupakan sumber energi bagi tubuh, serta dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Mengolah Bungan Pepaya

Untuk mendapatkan manfaat bunga pepaya bagi kesehatan, Anda bisa mengolahnya menjadi makanan. Berikut adalah cara mengolah bunga pepaya:

Bahan-bahan :
  • 200 gr bunga pepaya, bersihkan
  • 50 gram ikan teri
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, potong kurang lebih 1 cm
  • 1 lembar daun pandan muda, iris kasar
  • 1 ruas jari lengkuas, geprek
  • Garam dan lada secukupnya
  • 5 buah cabai rawit, iris serong
  • 2 buah cabai merah, iris serong
  • 2 buah cabai hijau, iris serong

Cara Membuatnya :
  1. Pertama, rebus bunga pepaya ke dalam air yang telah dicampur dengan sedikit garam. Rebus hingga lunak, angkat, dan tiriskan.
  2. Tumis bawang merah serta bawang putih hingga layu dan harum, kemudian tuangkan cabai rawit, cabai merah, cabai hijau, daun bawang, lengkuas, dan daun pandan. Aduk hingga merata.
  3. Setelah bumbu layu dan harum, masukan kembali bunga pepaya dan teri. Aduk hingga merata, lalu tambahkan garam, lada, dan daun kemangi.
  4. Aduk kembali hingga tercampur rata dan tunggu hingga matang.
  5. Sajika tumis bunga pepaya pada piring.

Demikianlah informasi mengenai manfaat bunga pepaya dan cara pengolahnnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Manfaat Bunga Pepaya dan Cara Pengolahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment