Monday, August 5, 2019

Tips Merawat Kulit Wajah Mengelupas

Selamat datang di situs kesehatan sintajamuwalatra.blogspot.com yang menyajikan berbagai informasi menarik dari dunia kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai tips merawat kulit mengelupas. Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kenapa Kulit Bisa Mengelupas?


Perlu kamu ketahui bahwa kulit memiliki beberapa lapisan. Lapisan teratas disebut dengan epidermis. Epidermis ini terdiri dari sel-sel yang terbuat dari keratin, keratin ini akan menua dan perlahan "layu" akibat terpapar cuaca dan lingkungan luar. Akhirnya sel-sel kulit pun melepaskan diri dari epidermis dan mengelupas.

Kulit yang mengelupas juga bisa menandakan kulit mengalami iritasi akibat efek samping obat, penyakit atau kondisi kulit yang mungkin kamu alami seperti infeksi bakter, jamur, kulit kering, dan psoriasis.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah Mengelupas?

Tidak ada yang menyukai kulit wajah mengelupas. Namun jika kamu terlanjur sedang mengalaminya, kami akan memberikan beberapa tips merawat kuli wajah mengelupas, diantaranya:

Oleskan Lotion Pelembap

Jika kamu sedang mengalami kulit wajah mengelupas, seringlah gunakan lotion pelembap untuk kulit kamu, terutama di tempat-tempat kulit yang mengelupas. Kamu juga bisa mengoleskan tabir surya untuk menjaga kelembapan kulit agar tetap lembap dan terlindungi sinar matahari. Dan kamu sebaiknya menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan menenangkan kulit seperti lidah buaya, dan vitamin E.

Kompres dengan air dingin

Tips merawat kulit kering selanjutnya yaitu dengan mengompres kulit menggunakan air dingin. Caranya basahi kain dengan air dingin, kemudian peras kain sehingga air tidak banyak menetes. Letakan kain diatas area kulit yang mengelupas. Jangan menggosok kulit terlalu keras. Diamkan kain selama 5-10 menit, setelah itu bilas lap dengan air dingin dan kompres kembali.

Hindari Menggaruk Kulit

Kamu harus menghindari keinginan untuk menggaruk atau merobek kulit yang mengelupas. Karena menggaruk dapat memperburuk kondisi dan dapat menyebabkan infeksi. Kamu bisa menggunakan gunting kecil untuk memangkas rapi kulit mati yang menjuntai lepas, tetapi ingat jangan mencabutnya secara paksa. 

Eksfoliasi

Tips merawat kulit mengelupas yang selanjutnya yaitu dengan melakukan eksfoliasi. Saat melakukan eksfoliasi, lakukanlah dengan lembut menggunakan kain hangat suam kuku, secara rutin satu kali sehari. Anda cukup menggosokan lap lembut secara perlahan di area kulit yang terkelupas dengan sedikit tekanan. Hindari penggunakan alat penggosok yang terlalu keras seperti loofah, karena bisa menyebabkan kerusakan lanjutan.

Itulah beberapa tips merawat kulit mengelupas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tips Merawat Kulit Wajah Mengelupas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment