Friday, August 23, 2019

Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Kucai merupakan tanaman dalam keluarga bawang yang sering digunakan sebagai pelengkap pada bubut ayam. Namun, tahukah Anda jika ternyata daun kucai menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun kucai untuk kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan


Kucai merupakan makanan yang kaya akan kandungan nutrisi. Daun ini sangat rendah kalori dan memiliki banyak nutrisi seperti mineral, vitamin, dan antioksidan. Daun yang hampir mirip dengan daun bawang ini sangat kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, fosfor, folat, dan kolin. Semua kandungan tersebut yang membuat daun kucai ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat daun kucai untuk kesehatan, diantaranya:

Menurunkan Kolestrol

Daun kucai mengandung alicin yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kolestrol dan tekanan darah. Allicin ini akan berkerja melepaskan nitri oksida sehingga dapat membantu mengurangi kekakuan pada pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Menjaga Kesehtan Otak

Manfaat daun kucai yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan otak. Hal ini karena daun kucai mengandung kolin yang merupakan nutrisi penting untuk membantu menjaga kesehatan otak, termasuk mempertajam ingatan dan mengatur mood.

Meredakan Stres

Daun kucai mengandung folat yang dapat membantu meredakan depresi dengan cara mencegah pembentukan homosistein yang berlebih di dalam tubuh. Kadar homosisten yang berlebih dalam tubuh nyatanya dapat menganggu produksi hormon serotonin, norepinefrin, dan dopamin. Ketiga hormon tersebut berfungsi untuk mengatur suasana hati, keinginan untuk tidur, dan nafsu makan.

Mencegah Kanker

Penelitian menyebut bahwa daun kucai memiliki sifat yang dapat mencegah kanker. Studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute, menemukan bahwa pria dengan asupan sayuran allium yang tinggi memiliki resiko lebih renda terkena penyakit kanker prostat.

Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa sifat anti kanker pada sayuran allium dapat membantu melindungi Anda dari resiko kanker perut dan kanker esofagus.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat daun kucai yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini karena daun kucai memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi. Vitamin K sendiri memiliki manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang karena dapat membantu mencegah pengeroposan tulang.

Itulah beberapa manfaat daun kucai untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment