Monday, August 19, 2019

3 Gejala Batu Empedu Yang Perlu di Waspadai

Batu empedu merupakan jenis batuan yang terbentuk dari kolestrol, lemak, dan cairan buangan lainnya. Ukuran batu empedu sendiri bermacam-macam, ada yang sekecil butiram pasir dan ada juga yang sebesar bola pingpong. Lalu, apa saja gejala batu empedu yang perlu di waspadai? Yuk simak informasi berikut ini.

Gejala Batu Empedu Yang Perlu di Waspadai


Pada umumnya, batu empedu terbentuk dari zat yang mengeras di dalam kantung empedu. Empedu sendiri merupakan organ kecil yang tersambung dengan hati, letaknya berada di perut kanan atas.

Pada umumnya batu empedu tidak menimbulkan gejala, namun gejala juga bisa muncul karena adanya sumbatan pada saluran kanting emepdu atau saluran pencernaan lainnya.

Berikut beberapa gejala batu empedu yang perlu di waspadai, diantaranya:

Nyeri Perut Kanan Bagian Atas

Gejala batu empedu yang paling banyak di rasakan yaitu nyeri perut kanan bagian atas. Hal ini terjadi karena adanya sumbatan batu yang dapat menyebabkan cairan batu emepdu tidak mengalir lancar mencapai usus kecil.

Biasanya sakit perut ini terjadi pada malam hari, terutama jika sebelum tidur Anda makan dalam porsi besar. Selain di sebelah kanan, sakit perut juga bisa terjadi di sebelah kiri. Gejala tersebut dapat terjadi karena batu empedu menghalangi jalan menuju pankreas.

Mual dan Muntah

Terbentuknya batu emepedu dapat menyebabkan peradangan ringan pada empedu. Pada kasus peradangan yang kronis, kantong empedu sangat beresiko menimbulkan jaringan parut dan kaku. Efek dari kondisi ini yaitu perut terasa mual, kembung setelah makan, diare kronis, dan muntah.

Terlihat Batuan Dalam Kantung Empedu

Gejala yang umum pada penyakit batu emepdu ini yaitu adanya batu yang ditemukan di dalam kantong empedu. Keberadaan batu ini dapat di periksa oleh dokter dengan ultrasound atau CT scan.

Berikut 2 jenis batu yang terdapat dalam empedu.
  • Batu empedu pigmen : yaitu batu empedu yang berwarna hitam atau kecoklatan disebabkan adanya penumpukan pigmen dari kalsium murni bilirubin. Batu yang terbuat dari bilirubin sering menyumbat dan biasanya ditemukan pada empedu yang sudah terinfeksi.
  • Batu kolestrol : Jenis batu empedu yang paling umum dan terjadi akibat kolestrol tinggi. Batu kolestrol berwarna kekuningan kerika dikeluarkan. Biasanya batu empedu jenis ini lebih umum terjadi pada wanita dengan berat badan berlebih.

Itulah beberapa informasi mengenai gejala batu empedu yang perlu di waspadai. Semoga informasi diatas bermanfaat.

3 Gejala Batu Empedu Yang Perlu di Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment