Thursday, August 22, 2019

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan

Siapa yang tak mengenal minyak kayu putih? Minyak kayu putih sangat dikenal karena baunya yang khas dan menenangkan serta memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan


Minyak kayu putih diketahui memiliki banyak sekali unsur-unsur yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti butylaldehyde, pinen, terpinol, camphen globulal, valeraldehyde, sequiterpene, cineol, fenchen, pinocarveol, dan eucalyptol.

Minyak kayu putih sendiri di produksi dari esktrak daun segar atau ranting pohon kayu putih. Hasil olahan tersebut dapat digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti masuk angin, sakit kepala, dan pilek. Dan berikut beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan, diantaranya:

Mengatasi Nyeri Persendian

Berdasarkan hasil penelitian, minyak kayu putih memiliki kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah persendian. Uap dari minyak kayu putih ini merupakan analgesik dan antiinflamasi. Sehingga pemakaian kayu putih sangat direkomendasikan untuk Anda yang menderita sakit pinggang, otot kaku, nyeri saraf, pegal-pegal, dan kaki terkilir.

Untuk mengatasi nyeri persendian dengan minyak kayu putih, kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih pada daerah sendi atau otot yang terasa nyeri dengan memijatnya secara perlahan. Hal ini dipercaya mampu meringankan tekanan dan nyeri pada sendi.

Meredakan Sakit Gigi

Manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat meredakan sakit gigi. Cara meredakan sakit gigi dengan minyak kayu putih yaitu dengan mencampurkan minyak kayu putih dengan tumbuhan kunyit. Kemudian terapkan pada gigi yang terasa sakit. Minyak kayu putih dipercaya dapat meredakan rasa nyeri pada gusi akibat tanggalnya gigi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Minyak kayu putih juga bisa mejadi obat bagi penderita diabetes, hal ini karena manfaat minyak kayu putih bisa mengontrol kadar gula darah.

Beberapa asumsi menyebut bahwa minyak kayu putih berfungsi sebagai vasodilator yang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga hal tersebut akan memberi manfaat pada pasien diabetes yang biasanya mempunyai sirkulasi darah yang buruk.

Sebagai Aroma Terapi

Minyak kayu putih memiliki aroma yang lembut dan memberikan efek menenangkan serta akan memberikan sensasi hangat pada tubuh. Selain itu, minyak kayu putih juga termasuk minyak essensial yang dapat memberikan aromaterapi, yang dapat digunakan untuk mengurangi kelesuan, kabut otak, dan meningkatkan konsentrasi.

Mengobati Pusing atau Sakit Kepala

Sakit kepala tentu akan membuat aktivitas menjadi terganggu, terlebih saat bekerja. Anda bisa mengobati pusing atau sakit kepala dengan mengoleskan minyak kayu putih pada leher bagian belakang dan samping. Hal tersebut akan memberikan udara segar dan membuat sistem pernafasan menjadi rileks. Sehingga sakit kepala pun akan berkurang.

Itulah beberapa manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Minyak Kayu Putih Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment