Tuesday, August 20, 2019

Cara Mengatasi Perut Kembung

Apakah kamu sering mengalami perut kembung? Perut kembung tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman saat beraktivitas bukan? Namun kamu tidak perlu khawatir karena perut kembung akan membaik seiring berjalannya waktu. Untuk mempercepat kesembuhannya, kamu bisa melakukan beberapa cara mengatasi perut kembung sebagai berikut.

Cara Mengatasi Perut Kembung Paling Mudah


Pada umumnya perut kembung terjadi ketika terdapat sejumlah gas yang menumpuk di dalam perut yang meliputi sistem pencernaan. Hal itulah yang menyebabkan perut menjadi kembung dan ukuran perut tampak lebih besar dari pada biasanya.

Berikut beberapa cara mengatasi perut kembung yang dapa kamu lakukan dengan mudah, diantaranya:

Kompres Air Hangat

Jika kamu mengalami perut kembung, kamu bisa mengatasi dengan cara mengompres perut menggunakan air hangat. Pertama yang harus dilakukan adalah merendam kain bersih dalam satu baskom air panas, kemudian peras kelebihan airnya. Setelah itu, tempelkan kompres panas tersebut selama 10-15 menit untuk meredakan rasa nyeri dan kram perut.

Perlu kamu tahu, jika suhu hangat dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga darah pembawa oksigen bisa mengalir dengan lancar.

Lakukan Pijatan Pada Perut

Melakukan pijatan pada perut ternyata dapat membantu melancarkan pergerakan sistem pencernaan saat mengolah makanan.

Berikut langkah melakukan pijatan perut yang tepat, yaitu:
  • Pertama, letakan kedua tangan diatas tulang pinggul sebelah kanan.
  • Pijat perlahan dengan gerakan memutar.
  • Lakukan pijatan dengan mengarahkan gerakan ke bagian perut atas
  • Lanjutkan dengan membawa pijatan tangan tersebut ke bagian bawah menuhu tulang pinggul sebelah kiri.
  • Ulangi cara diatas bila diperlukan.

Jangan Konsumsi Minuman Bersoda

Perlu kamu ketahui bahwa minuman bersoda mengandung banyak gas yang menumpuk dalam perut, khususnya pada sistem pencernaan. Hal ini karena minuman bersoda mengandung karbon dioksida, yang mana karbon dioksida ini dapat menimbulkan gelembung di perut sehingga akan mengakibatkan perut kembung.

Sehingga jika kamu sedang mengalami perut kembung, hindari minuman bersoda dan perbanyak minum air putih.

Konsumsi Makanan Yang Tinggi Potasium

Perut kembung terjadi karena kelebihan cairan ataupun gas. Untuk mengatasi perut kembung, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang tinggi potasium seperti bayam, mangga, pisang, tomat, dan kacang. Makanan yang mengandung potasium diketahui dapat membantu mengatur keseimbangan dalam tubuh.

Berjalan Kaki

Perut kembung juga bisa diatasi dengan berjalan kaki setidaknya15 menit setiap hari. Hal ini bertujuan untuk menjaga makanan tetap bergerak melalui saluran pencernaan. Keringat yang di hasilkan dari aktivitas tersebut dapat mengurangi kelebihan cairan yang menjadi penyebab perut kembung.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Cara Mengatasi Perut Kembung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment