Friday, August 23, 2019

Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sering muncul begitu saja. Biasanya darah tinggi dapat terjadi pada pola makan yang tidak sehat. Terdapat beberapa makanan yang ternyata bisa memicu seseorang mengalami darah tinggi. Lalu, apa saja makanan pemicu tekanan darah tinggi? Yuk simak informasi berikut ini.

Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi


Pada umumnya, sebagian orang sering tidak menyadari perihal apa saja yang ia makan, terlebih kandungan di dalamnya. Perlu Anda ketahui  bahwa makanan yang tinggi sodium dan natrium ternyata bisa memicu tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus menjahui makanan tinggi natrium seperti makanan siap saji dan berbagai makana kaleng.

Berikut beberapa jenis makanan pemicu tekanan darah tinggi yang perlu di hindari, diantaranya:

Daging dan Makanan Olahan

Makanan pertama yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi adalah daging dan makanan olahan. Hal ini karena kedua makanan tersebut biasanya diolah dengan cara diawetkan menggunakan garam. Sehingga makanan ini mengandung natrium yang berbahaya bagi penderita hipertensi.

Acar Mentimun

Acar mentimun ternyata memiliki kandungan garam atau natrium yang sangat tinggi. Hal ini karena, cara mengolah acar timur adalah dengan merendam mentimun dalam air garam, yang akhirnya garam terserap ke dalamnya. Sehingga makanan ini tidak disarankan untuk menderita hipertensi.

Kopi

Kopi merupakan salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar. Namun kopi sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh Anda yang mempunyai hipertensi. Hal ini karena kopi akan membuat penyakit Anda semakin buruk, terlalu banyak minum kopi akan menyebabkan tekanan darah semakin naik.

Makanan Yang Mengandung Pemanis Buatan

Selain garam, makanan yang mengandung gula berlebih juga berbahaya jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang di publikasikan oleh Britsh Medical Journal (BMI) tahun 2014 menyebutkan bahwa asupan gula tambahan dari makanan olahan dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami tekanan darah tingi, stroke, dan penyakit jantung.

Kulit Ayam

Kulit ayam sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Hal ini karena kulit ayam mengandung lemak jenuh dan lemak trans tinggi. Mengkonsumsi terlalu banyak lemak jenuh diketahui dapat meningkatkan kadar kolestril LDL dan kolestrol jahat. Kadar kolestrol LDL yang tinggi akan meningkatkan tekanan darah serta memperburuk hipertensi.

Itulah informasi mengenai makanan pemicu tekanan darah tinggi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Makanan Pemicu Tekanan Darah Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment