Sunday, August 25, 2019

Ternyata Ini Penyebab Kamu Mengalami Gastritis

Apakah kamu sering mengalami sakit perut, perut kembung hingga mual dan muntah? kondisi tersebut merupakan gejala gastristis atau peradangan yang terjadi pada lambung. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan munculnya penyakit ini. Apa saja sebenarnya penyebab gastritis? Yuk simak informasinya berikut ini.

Mengenal Penyebab Gastritis atau Radang Lambung


Banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang mengalami gastritis seperti naiknya asam lambung hingga merusak lapisan lambung atau adanya infeksi bakteri yang menyebabkan luka pada permukaan lambung. Dan berikut beberapa penyebab gastritis yang perlu kamu ketahui, diantaranya:

Infeksi Bakteri H.pylori

Helicobacter pylori merupakan jenis bakteri yang umum hidup di saluran pencernaan. Bakteri ini memang tidak berbahaya,namun jika jumlahnya banyak dapat menyerang dan menginfeksi lapisan perut. Bila kondisi ini semakin parah akan menyebabkan luka dalam perut dan usus kecil, kemudian memicu munculnya gastritis.

Umumnya infeksi ini menimbulkan gejala berupa nyeri perut dan kembung, dan pada kasus yang parah Anda bisa mengeluarkan feses berwarna hitam saat BAB.

Sering Mengkonsumsi Obat Anti Nyeri

Perlu Anda ketahui bahwa obat anti nyeri seperti asam mefanemat, ibuprofen yang sering digunakan untuk mengobati sakit gigi atau nyeri menstruasi ini ternyata dapat menyebabkan gastritis. Terutama jika Anda menggunakan obatnya terlalu sering.

Obat anti nyeri ini akan bekerja mengurangi rasa sakit dengan cara memblokir enzim yang memproduksi prostaglandin. Namun di dalam perut, obat anti nyeri ini akan memperlambat produksi lendir pelindung dinding lambung yang akhirnya menyebabkan gastritis.

Stress

Stress diketahui juga bisa menyebabkan seseorang mengalami gastritis atau radang lambung. Hal ini karena saat kita stress otak akan meningkatkan produksi sejumlah enzim seperti gastrin dan histamin. 

Peningkatan kadar enzim tersebut akan mengubah kadar pH lapisan lendir lambung. Kondisi tersebut akan membuat lambung menjadi kurang asam dan memicu lambung untuk memproduksi lebih banyak cairan asam. Sehingga akan memicu munculnya radang lambung (gastritis).

Merokok

Penyebab gastritis yang selanjutnya adalah merokok. Hal ini karena merokok dapat meningkatkan zat yang dapay merusak struktur pepsin, yakni enzim yang dibuat dalam lambung untuk memecah protein.

Merokok juga dapat menjadi penyebab gastritis karena mengurangi aliran darah segar ke lapisan lambung, sekresi pelindung lambung, serta natrium bikarbot yang menetralkan asam lambung.

Itulah beberapa penyebab gastritis yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Ternyata Ini Penyebab Kamu Mengalami Gastritis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment