Thursday, August 22, 2019

Ternyata Ini Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

Tak banyak yang tahu, jika ternyata tidur siang memiliki banyak manfaat untuk anak. Kebanyakan orang tua sering berpikir bahwa anaknya akan sulit tidur pada malam hari jika melakukan tidur siang. Namun, hal tersebut tidaklah benar. Tidur siang justru memiliki manfaat bagi kesehatan anak. Apa saja manfaat tidur siang untuk anak? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak


Pada dasarnya, anak-anak membutuhkan waktu tidur siang yang lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Hal ini karena anak mudah kehabisan tenaga dan merasa lelah, sehingga tidur siang sangat dibutuhkan untuk mengembalikan kembali energinya.

Selain untuk mencukupi energi, tidur siang juga memiliki banyak manfaat untuk anak, diantaranya:

Menjaga Berat Badan

Sebuah penelitian menyebut bahwa seorang anak yang tidak mendapatkan cukup tidur akan mudah mengalami obesitas. Hal ini karena anak cenderung ingin makan lebih banyak saat ia lelah. Kelelahan juga akan membuat anak kurang aktif, sehingga berat badan pun akan mudah naik.

Memudahkan Anak Tidur Malam Hari

Tidur siang juga bisa memudahkan anak untuk tertidur di malam hari. Hal ini karena tidur siang dapat membantu mengurangi rasa lelah akibat seharian melakukan aktivitas.

Merangsang Tumbuh Kembang Anak

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University menunjukan bahwa anak yang rutin tidur siang akan mempunyai pertumbuhan yang jauh lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak tidur siang.

Hal ini karena hormon pertumbuhan yang disebut Human Growth Hormone yang akan lebih aktif mengalir dalam darah saat anak tidur siang.

Memperbaiki Mood Anak

Perlu bunda ketahui, bahwa kualitas tidur akan mempengaruhi mood anak. Umumnya anak yang cukup tidur akan terlihat lebih bahagia dibanding dengan anak yang kurang tidur. Anak yang kurang tidur umumnya lebih rewel, mudah cemas, dan cengeng.

Mendukung Proses Belajar

Tidur siang juga akan membantu anak mengingat kembali hal-hal yang mereka pelajari. Anak-anak juga akan lebih mudah fokus. Penelitian juga menyebut, bahwa anak-anak yang tidur siang akan lebih unggul dalam permainan yang mengandalkan ingatan.

Itulah informasi mengenai manfaat tidur siang untuk anak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Ternyata Ini Manfaat Tidur Siang Untuk Anak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete