Sunday, August 25, 2019

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara - Selamat bergabung kembali bersama kami di website Kesehatan resmi yang akan menyajikan berbagai informasi menarik seputar dunia kesehatan dan pengobatan herbal. Adapun pada kesempatan kali ini kami akan menyajika informasi mengenai cara mencegah kanker payudara. Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mencegah Kanker Payudara


Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti semua orang. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi di Indonesia. Angka kematian wanita karena kanker payudara juga sangat tinggi. Itu sebabnya pemerintah menekankan adanya upaya deteksi dini untuk mencegah resiko terkena kanker payudara.

Berikut beberapa cara mencegah kanker payudara yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Pola makan sehat merupakan kunci penting mencegah kanker payudara. Sehingga Anda sangat disarankan mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan tersebut mengandung zat gizi yang sangat baik untuk tubuh. Buah dan sayur juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab kanker payudara.

Olahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin juga dapat membantu menurunkan berat badan. Orang yang memiliki berat badan lebih atau obesitas memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara. Oleh karena itu, Anda sangat perlu berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Anda bebas memilih olahraga apa saja yang disukai.

Kurangi Mengkonsumsi Gula dan Makanan Berlemak

Mengkonsumi berbagai makanan yang mengandung gula dan lemak secara berlebihan dapat meningaktkan resiko terkena kanker payudara. Penelitian yang dilakukan University of Texas MD Anderson Cancer Center dengan objek tikus menemukan bahwa tikus yang memakan makanan gula terlihat memiliki tumor pada kelenjar susu mereka. Turmor tersebut terlihat menyebar atau bermetastasis, kondisi tersebut sangat mirip dengan kanker payudara pada manusia.

Oleh sebab itu, Anda perlu membatasi asupan makanan yang mengandung gula dan lemak.

Batasi Dosis dan Durasi Terapi Hormon

Melakukan terapi hormon kombinasi selama lebih dari 3 tahun ternyata dapat meningkatkan resiko kanker payudara. Sehingga terapi hormon pascamenopause tidak boleh dikonsumsi dalam jangka panjang, durasi pemberian obat harus dibatasi sesingkat mungkin.

Hindari Konsumsi Alkohol

Perlu Anda ketahui bahwa terlalu sering mengkonsumsi alkohol, akan meningkatkan peluang Anda terkena kanker payudara. Alkohol akan bekerja dengan cara meningkatkan kadar estrogen dan menyebabkan kerusakan DNA dalam tubuh yang menjadi penyebab munculnya kanker payudara.

Untuk itu, hindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol untuk mencegah kanker payudara. 

Itulah beberapa cara mencegah kanker payudara yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Cara Mencegah Kanker Payudara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment