Saturday, August 24, 2019

Makanan Penurun Gula Darah

Diabetes merupakan suatu penyakit dimana kadar gula darah melebihi batas normal. Jika sudah terkena diabetes, maka kadar gula darah harus dijaga agar tetap stabil. Terdapat beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan gula darah. Apa saja makanan penurun gula darah? Yuk simak informasinya berikut ini.

Makanan Penurun Gula Darah


Untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil, penderita diabetes sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Berikut beberapa jenis makanan penurun gula darah, yaitu:

Tomat

Makanan penurun gula darah yang pertama yaitu tomat. Tomat memiliki kandungan anthocyanin dan likopen yang termasuk dalam antioksidan. Zat yang terkandung di dalam tomat ini memiliki efek yang sama dengan obat antidiabetes acarbose yang dapat memperlambat dan mengurangi pelepasan gula ke dalam darah.

Selain itu, kandungan likopen pada tomat ini juga dapat memperbaiki kinerja insulin sehingga kadar gula darah dapat menurun.

Ceri

Selain tomat, ceri juga sangat kaya akan kandungan anthocyanin yang mampu mempengaruhi sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jika sensitivitas tubuh terhadap insulin menurun, maka hormon tersebut tidak akan bekerja dengan baik dalam mengontrol gula darah.

Kacang-kacangan

Makanan penurun gula darah yang selanjutnya yaitu kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang seperti kacang almond, diketahui dapat membantu mengatur dan mengurangi kenaikan gula darah. Hal ini karena berbagai kandungan nutrisi yang terkandung di dalam kacang dan rendahnya indeks glikemik pada makanan penurun gula darah.

Cuka Sari Apel

Anda juga bisa mengkonsumsi cuka sari apel untuk menurunkan kadar gula darah. Anda dapat mengkonsumsi satu sendok makan cuka apel yang dicampur dengan segelas air. Cuka apel ini memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi kadar gula darah dalam tubuh.

Alpukat

Alpukat diketahui menjadi makanan penurun gula darah yang baik. Menurut hasil penelitian, alpukat dapat menurunkan resiko diabetes karena kandungan lemak sehat dan mineral di dalamnya. Nutrisi ini akan bekerja dengan cara meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga kadar gula darah akan mudah turun.

Itulah beberapa makanan penurun gula darah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Makanan Penurun Gula Darah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment