Wednesday, August 21, 2019

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil

Selain di gunakan sebagai bahan campuran makanan, minyak zaitun juga diketahui memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. Apa saja manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil


Minyak zaitun memiliki kandungan yang sangat baik untuk ibu hamil. Kadungan pada minyak zaitun diantaranya: mineral dan vitamin seperti vitamin B, vitamin E, dan zinc. 

Berikut beberapa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil, diantaranya:

Melancarkan Proses Persalinan

Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin K yang sangat tinggi, kandungan vitamin K ini memiiki potensi tinggi untuk mendukung proses koagulasi darah. Mekanisme ini yang nantinya akan membantu bunda dalam proses persalinan. Selain itu, terkandung juga vitamin C yang bisa membantu menjaga sirkulasi darah sehingga bisa memasok oksigen ke otak dan organ lain yang sangat penting untuk proses persalinan.

Perkembangan Ginjal dan Pankreas Janin

Minyak zaitun juga sangat kaya akan kandungan vitamin E. Vitamin E ini merupakan salah satu komponen yang dapat membantu bayi beradaptasi dengan baik di lingkungan yang dipenuhi oksigen.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin untuk membantu bayi dalam mengembangkan ginjal dan pankreas yang lebih  baik.

Mengurangi Stretch Mark

Pada umumnya, ibu hamil sering mengalami stretch mark yaitu guratan kemerahan pada perut, paha, lengan, atau bokong. Stretch mark sendiri terjadi akibat adanya peregangan kulit akibat bertambahnya berat badan. Untuk mengurangi stretch mark, ibu hamil disarankan mengoleskan minyak zaitun secara rutin. Hal ini karena minyak zaitun mengandung vitamin E yang dapat membantu memudarkan stretch mark.

Merawat Kulit Kering

Ibu hamil biasanya mengalami kulit kering yang disebabkan oleh perubahan hormon. Untuk mengatasinya, bunda bisa menggunakan pelembab yang mengandung minyak zaitun. Rutin menggunakan pemebab minyak zaitun akan mampu mengatasi kulit kering.

Meringankan Kram Kaki

Ibu hamil juga sering merasakan kram kaki. Hal ini dapat terjadi karena adanya kenaikan berat badan, sehingga terjadilah tekanan pada pembuluh darah. Untuk meringankan kram kaki, ibu hamil bisa menggunakan minyak zaitun sebagai minyak gosok.

Caranya campurkan 6 sendok teh minyak zaitun, kemudian oleskan ke kaki yang mengalami kram.

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Ibu Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment