Tuesday, January 22, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Pecinta Makanan Pedas

Apakah Anda salah satu pencinta makanan pedas? Jika ya hidup Anda mungkin akan terasa kurang lengkap jika tidak menyantap lauk-pauk tanpa kehadiran cabai atau sambal untuk teman makan bukan? Sensasi kepedasan dengan muka yang memerah dan keringan mengalir deras di dahi merupakan sebuah kenikmatan tertentu pastinya. Namun selain nikmat, makanan pedas juga akan membuat lidah Anda terasa seperti terbakar dan akan mengalami mulas dan sakit perut. Nah untuk menghindari hal tersebut, kami disini akan berbagai tips bagaimana cara mengurangi efek samping bagai Anda para pencinta makanan pedas. Simak informasinya berikut ini.


Tips Menjaga Kesehatan Bagi Para Pecinta Makanan Pedas

Berikut adalah beberapa tips bagi Anda para pecinta makanan pedas untuk selalu menjaga kesehatan, diantaranya:

Perhatikan Porsi Makan

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat selera makannya menjadi semakin meningkat. Tidak jarang, hal ini akan membuat banyak orang memakan makanan pedas yang tak sesuai dengan porsinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan porsi makan terutama bagi Anda yang mempunyai riwayat gangguan pencernaan.

Bagi Anda yang dalam kondisi sehat pun sebaiknya selalu menjaga porsi makan agar tidak terlalu berlebihan. Karena pasalnya, segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik dan bisa merusak kesehatan. Itulah sebabnya mengapa Anda harus makan secukupnya dan jangan berlebihan atau kekurangan.

Hindari Makan Pedas Saat perut Kosong

Sebaiknya jika Anda ingin memakan makanan pedas, usahakan sebelumnya Anda telah mengisi perut dengan memakan nasi atau sejenisnya. Karena jika Anda langsung memakan makana pedas dalam keadaan perut kosong akan mengakibatkan asam lambung naik dan membuat Anda mengalami sakit perut. Terutama jika Anda memiliki ulkus lambung, sindrom iritasi usus (IBS) atau gangguan pencernaan lainnya.

Minum Susu

Cabai memiliki kandungan senyawa capsaicin yang akan mengaktifkan pelepasan zat P, yakni senyawa yang menjadi pemicu munculnya nyeri dan sensasi terbakar dimulut juga pencernaan. Meminum air saja ternyaat tidak cukup untuk mengurangi sensasi pedas ini, sehingga sebagai gantinya Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi susu.

Menurut American Chemical Society protein kasein yang terkandung di dalam susu ini mampu mengikat capsaicin dan mengeluarkan senyawa penghasil panas dari mulut, sehingga akan membantu mulut menjadi lebih dingin. Itulah sebabnya mengapa minum susu sangat dianjurkan untuk Anda setelah memakan makanan pedas.

Hindari Makan Pedas Sebelum Tidur

Perlu Anda ketahui jika mengkonsumsi makanan pedas sebelum tidur ini akan menyebabkan gangguan pencernaan yang nantinya bisa mengganggu tidur Anda. Hal ini dikarenakan senyawa capcaisin yang terkandung dalam cabai dapat mempengaruhi tidur Anda melalui perubahan suhu tubuh.

Tidak hanya itu, makan pedas sebelum tidur juga akan meningkatkan resiko refluks asam lambung di malam hari, hal ini karena isi perut akan lebih banyak mengalir ke kerongkongan saat Anda berbaring. Hal tersebutlah yang nantinya akan mengganggu tidur Anda. Inilah alasan mengapa Anda tidak disarankan mengkonsumsi makanan pedas di malam hari.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips menjaga kesehatan untuk pecinta makanan pedas. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Terima Kasih

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Pecinta Makanan Pedas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment