Friday, January 18, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Mata Meskipun Sering Bermain Gadget

Di zaman yang serba canggih ini tentunya akan membuat kita semakin mudah untuk kita mengakses apapun dari gadget atau ponsel. Perkembangan teknologi yang sangat menarik ini akan membuat banyak orang tidak bisa untuk melepaskan penggunaan ponsel pintanya ini. Padahal menggunakan ponsel terlalu lama akan sangat berbahaya bagi kesehatan, khususnya kesehatan mata. Untuk menghindari radiasi ponsel terhadap mata, kami sajikan beberapa tips menjaga kesehatan mata dikala sedang bermain gadget. Apa sajakah tipsnya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Mata


Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan mata yang tentunya sangat penting bagi Anda terutama yang sering bermain gadget, diantaranya:

Perbesar Ukuran Teks

Tips yang pertama yaitu dengan memperbesar ukuran teks pada layar ponsel Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa lebih mudah membaca berbagai pesan serta membuat beban mata dalam membaca tulisan pada ponsel menjadi semakin berkurang. Hal ini nantinya bisa mencegah masalah penurunan penglihatan.

Mengatur Pencahayaan Layar Ponsel

Aturlah pencahayaan pada layar ponsel Anda, usahakah pencahayaan sesuai dengan kondisi cahaya di ruangan Anda. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. Pastikan Anda tidak mengatur tingkat pencahayaan dengan berlebih karena hal ini dapat memicu tekanan berlebih pada mata saat menatap ponsel. Posisikan layar ponsel agar tidak memantulkan cahaya sehingga kita bisa tetap melihatnya meskipun tingkat kecerahannya rendah. Selain itu, pastikan cahaya di dalam ruangan Anda terpenuhi saat menggunakan ponsel di malam hari dan tidak menggunakannya di ruangan yang gelap.

Atur Waktu Istirahat

Pakar kesehatan menyarankan metode 20-20-20 saat menggunakan ponsel, yakni mengistirahatkan mata dari layar ponsel atau gadget lainnya selama 20 detik setelah memakainya selama 20 menit. Kita bisa mengalihkan pandangan dari ponsel dan menatap benda yang berjarak 20 kaki atau lebih dari 6 meter dari posisi kita.

Jaga Jarak Pandang

Perlu Anda ketahui jika jarak pandang aman menggunakan ponsel yaitu 30-40 cm dari mata. Dan bagi Anda yang menggunakan kacamata sangat dianjurkan untuk menggunakan kacamata yang sesuai dengan ukuran masing-masing agar jarak ideal tetap bisa digunakan.

Sering Berkedip

Anda juga diharuskan untuk mengedipkan mata saat menatap layar ponsel. Hal ini sangat penting karena untuk mencegah mata menjadi kering.

Tetap Jaga Kebersihan Layar Handphone

Anda harus selalu menjaga layar ponsel supaya tetap jernih dan bersih sehingga tidak mengganggu pandangan mata. Membersihkan layar ponsel bisa Anda lakukan dengan tisu lembut ataupun bahan lainnya.

Gunakan Screen Protector

Screen protector sangatlah penting Anda gunakan pada layar ponsel untuk meminimalisir cahaya yang berlebihan.

Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak

Penggunaan gadget pada anak sebaiknya selalu dibatasi maksimal 2 jam sehari, termasuk bermain game, menonton tv, menatap layar laptop/komputer atau Handphoen.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips menjaga kesehatan mata meskipun sering bermain gadget. Semoga bermanfaat untuk Anda :)

Tips Menjaga Kesehatan Mata Meskipun Sering Bermain Gadget Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment