Thursday, January 3, 2019

Ini dia 8 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya merupakan salah satu buah yang mudah sekali ditemukan. Buah ini bisa jadi termasuk kedalam deretan buah favorit bagi sejumlah orang. Tapi tahukah Anda, selain enak dimakan ternyata pepaya memiliki kandungan kalori dan kandungan mineral serta vitamin. Sehingga tak heran lagi jika buah ini memilik segudang manfaat bagi kesehatan.


Adapun kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah pepaya ini yaitu vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium ,likopen, magnesium, dan folat. Kandungan tersebutlah yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lalu, Apa Sajakah Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan?

Berikut adalah beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

  • Melancarkan Sistem Pencernaan


Pepaya memang dikenal sebagai buah yang bermanfaat dalam mengatasi sembelit atau susah BAB. Hal ini dikarenakan buah pepaya memiliki kandungan "papain" yang dapat membantu dalam pencernaan dengan cara memecah protein. Pepaya sendiri merupakan sumber serat yang baik sehingga sangat bermanfaat sekali dalam membantu melanarkan sistem pencernaan.

  • Mencegah Kanker dan Tumor


Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan. Daun buah pepaya ternyata bermanfaat dalam mencegah kanker dan tumor. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Florida mereka mengungkapkan bahwa ekstra daun pepaya kering memiliki efek yang baik dalam mencegah 10 jenis tumor.

  • Mencegah Penyakit Jantung


Manfaat pepaya bagi kesehatan yang selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Pepaya memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan likopen yang sangat bermanfaat dalam menguatkan fungsi jantung. Sehingga dengan mengkonsumsi pepaya secara ritin setiap hari maka jantung Anda akan selalu sehat dan terbebas dari berbagai penyakit jantung.

  • Menyehatkan Tulang


Tulang sangat membutuhkan vitamin K dalam pembentukannya. Sehingga mengkonsumsi vitamin K yang cukup sangatlah penting bagi kesehatan, hal ini karena vitamin K dapat meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi eksresi kalsium urine. Anda dapat mencukupi asupan vitamin K dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dengan mengkonsumsi buah pepaya setiap hari secara rutin.

  • Menyehatkan Mata


Pepaya mengandung vitamin A yang tentunya sangat baik untuk mata. Vitamin A sendiri sangat dibutuhkan oleh mata untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata terlumasi dengan baik.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Kandungan vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dengan rajin mengkonsumsi pepaya setiap hari kita akan terhindar dari berbagai penyakit infeksi seperti flu dan pilek.

  • Menyehatkan Kulit


Pepaya memiliki kandungan zat yang bernaman likopen. Berdasarkanfakta dari penelitian, mengkonsumsi likopen dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivtas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal lerusakan akibat radikal bebas.

  • Menyehatkan Rambut dan Kuku


Buah pepaya sangat kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. Buah ini juga dapat Anda jadikan masker untuk menyuburkan rambut.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Ini dia 8 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment