Thursday, January 3, 2019

Tips Memilih Makanan Agar Tampak Selalu Awet Muda

Penuaan merupakan salah satu proses alami yang tidak bisa untuk dihindari. Namun meskipun Anda tidak dapat menghentikannya, Anda masih bisa melakukan beberapa kesempatan untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan kencang. Salah satunya yaitu dengan rajin mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran. Buah dan sayur apa sajakah yang bisa membuat awet mudah? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tips Memilih Makanan Agar Tampak Selalu Awet Muda

Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh pun tentunya akan mengalami sejumlah perubahan. Tak hanya soal penampilan saja, tetapi juga perubahan akan terjadi pada beberapa fungsi organ tubuh yang semakin menurun. Manusia sangatlah membutuhkan asupan makanan yang mengandung banyak sekali antioksidan tinggi. Karena pasalnya, antioksidan ini memiliki peranyang mampu memperlambat efek penuaan di setiap tubuh, mulai dari kulit, jantung, otak hingga persendiaan.

Berikut adalah beberapa jensi sayur dan buah yang dapat Anda konsumsi setiap harinya agar awet muda, seperti:

  • Alpukat


Alpukat disukai karena memiliki rasa yang enak. Namun selain rasanya yang enak, alpukat juga memiliki sejumlah kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Nutrisi yang dimiliki alpukat adalah kandungan lemak sehatnya yang aman dan tidak akan membuat gemuk.

Alpukat juga mengandung senyawa unik yang disebut dengan alkohol polihidroksi lemak yang akan membantu memabntu melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan memperbaiki DNA yang rusak. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan dua jenis antioksidan juga akan memberikan perlindungan ganda pada kulit. Hasilnya, kulit akan tetap menjadi kencang dan tak mudajh keriput karena efek penuaan.

  • Blueberry


Meskipun memiliki ukuran yang kecil, blueberry ternyata memiliki manfaat yang menakjubakan untuk kulit. Blueberry sudah terbukti dapat memperlambat efek penuaan dini. Buah ini juga mengandung antosianin yang tinggi, antosianin sendiri merupakan senyawa yang dapat menurunkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Sehingga jika Anda rutin mengkonsumsi sekitar 350 gram blueberry setiap harinya, maka garis-garis halus dan keriput dikulit pun akan teratasi dengan sempurna.

  • Tomat


Tomat memiliki kandungan likopen, yang termasuk dalam jenis karotenoid yang dapat melawan efek sinar UV pada kulit. Seperti yang Anda ketahui bahwa sinar UV dapat merusak kulit, yang bisa membuat cepat tua, bahkan menilbulkan kanker. Sebuah penelitian menunjukan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan likopen dan antioksidan selama 15 minggu, maka akan mengalami penurunan jumlah kerutan pada kulit secara signifikan.

  • Buah Delima


Tahukah Anda jika buah delima termasuk dalam daftar buah yang paling sehat. Hal ini dikarenakan buah delima mengandung kadar antioksidan yang lebih tinggi dari pada teh hijau.

Buah yang memiliki warna merah ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat mencegah efek kerutan akibat sinar mataharo. Selain itu, buah delima juga mengandung asam ellagic dan punicalagin, yang merupakan dua nutrisi penting yang sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

  • Bayam


Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Agricultural Food Chemistry, sayur bayam memiliki kandungan berupa beta karoten dan lutein, kandungan tersebut merupakan 2 nutrisi yang sangat penting dan terbukti dapat meningkatkan elastisitas kulit. Ketika kulit semakin elastis, itu artinya kulit menjadi semakin kencang dan takmudah timbul garis-garis halus yang memicu keriput.

Anda dapat mengkonsumsi setidaknya 700 gram bayam setiap minggunya agar kulit Anda tetap sehat dan awet muda.

Sekianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Tips Memilih Makanan Agar Awet Muda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Tips Memilih Makanan Agar Tampak Selalu Awet Muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment