Thursday, January 17, 2019

Ini Dia 4 Makanan Sumber Karbohidrat Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Tahukah Anda jika karbohidrat merupakan salah satu nutrisi terpenting untuk dikonsumsi sebelum berolahraga. Mengapa demikian? Karena karbohidrat merupakan sumber energi yang paling penting bagi tubuh. Namun masih banyak orang yang menghindari karbohidarat karena ingin mengurangi kalori. Padahal karbohidrat ini justru sangat bagus untuk tubuh dan harus dikonsumsi setiap hari saat tubuh sedang aktif bergerak. Apa saja makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga? Yuk langsung saja simak informasinya berikut ini.

Makanan Sumber Karbohidrat Yang Baik dikonsumsi Sebelum Olaharaga


Meskipun makanan berkarbohidrat sangat penting, Anda harus tetap memperhatikan jenis karbohidarat dan porsi makannya. Karena tidak semua makanan berkarbohidrat baik untuk tubuh. Dan berikut adalah beberapa makanan berkarbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga.

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis gandum utuh yang memiliki banyak kandungan serat. Kandungan serat dalam oatmeal inilah yang dapat membantu Anda merasakan kenyang lebih lama, karena secara bertahap melepaskan karbohidrat ke dalam aliran Anda. Selain membuat perut cepat kenyang, oatmeal juga dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah serta mengontrol kadar gula darah.

Kandungan vitamin B dalam oatmeal juga dapat membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Itulah sebabnya, mengapa oatmeal dikatakan sebagai makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum olahraga. Anda dapat mengkonsumsi satu cangkit oatmeal minimal 30 menit sebelum berolahraga.

Kentang

Makanan sumber karbohidarat yang selanjutnya yaitu kentang, perlu Anda ketahui bahwa kentang merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki karbihidrat kompleks yang tidak akan menyebabkan dorongan gula darah berlebih. Sehingga mengkonsumsi kentang sebelum olahraga sangatlah aman.

Banyak orang ynag mengkonsumsi kentang dengan mengupas terlebih dahulu kulitnya, padahal kentang yang dimakan bersama kulitnya mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan jika dimakan tanpa kulit. Sebelum berolaharaga, sebaiknya Anda mengkonsumsi 1-2 butir kentang kentang rebus terlebih dahulu.

Pisang

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Louise Burke, Kepala Nutrisi Olahraga di Australia Institute of Sport beliau mengatakan bahwa pisang merupakan makanan yang memiliki sumber energi alami. Hal ini karena pisang sangat kaya akan karbohidrat yang mudah dicerna tubuh.

Kandungan kalium yang terdapat di dalam pisang juga akan membantu menjaga fungsi saraf dan otot selama Anda berolahraga. Perlu Anda ketahui bahwa tubuh tidak dapat menyimpan kalium dalam waktu yang cukup lama, sehinga dengan mengkonsumsi pisang ukuran medium sebelum berolaharaga akan membantu tubuh menjaga asupan nutrisi agar tetap stabil. Anda dapat mengkonsumsi pisang ukuran medium dengan 1/2 cangkir Greek Yogurt sekitar 30-60 menit sebelum berolahraga.

Roti Gandum

Tahukah Anda bahwa sepotong roti gandum merupakan sumber karbohidrat yang baik? Pasalnya, roti gandum utuh memiliki 80 hingga 90 kalori per lembarnya. Roti gandum ini memiliki 2 gram serat dan rendah gula, dalam selembar roti gandung hanya terdapat sekitar 1 gram gula. Jadi roti ini sangat cocok dijadikan teman sarapan pagi Anda.

Anda dapat mengkonsumsi setangkup roti gandum dengan selai kacang atau madu agar lebih banyak asupan bahan bakar di dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan irisan telur rebus untuk mendapatkan sumber protein berkualitas tinggi. Konsumsilah setangkup roti gandum sekitar 45 menit sebelum Anda mulai berolahraga.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai makanan sumber karbohidrat yang baik dikonsumsi sebelum berolahraga. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda

Ini Dia 4 Makanan Sumber Karbohidrat Yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment