Tuesday, January 8, 2019

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukah Anda jika ternyata bawang putih memiliki sejumlah khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh? Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang khas dengan aromanya yang tajam. Ternyata aroma khas dari bawang putih inilah yang memiliki khasiat dan manfaat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit dan masalah kulit. Lalu, apa sajakah manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh? Berikut kami sajikan informasi lengakapnya untuk Anda.


7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh

Dalam pengobatan tradisional, bawang putih tungga sering disebut dengan istilah jawa bawang lanang. Sementara di barat, bawang putih tunggal ini sering disebut sebagai solo garlic atau single clover garlic.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh tentunya sangat beragam, terutama untuk organ tubuh, wajah, kulit, rambut, hingga kuku. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Mencegah Masuk Angin dan Batuk


Manfaat bawang putih yang pertama yaitu mampu mencegah masuk anging dan batuk. Berdasarkan sebuah penelitian, mereka menyebutkan bahwa konsumsi bawang putih tunggal secara teratur bisa menurunkan resiko terkena masuk angin dan batu hingga 50%. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda dapat menggerus 2 siung bawang putih. Setelah itu seduh dengan air hangat dan minum.

  • Mengatasi Diabetes


Para ahli pernah meneliti bahwa mengkonsumsi 2 sampai 3 siung bawang putih secara teratur bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan allicin dalam bawang jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine bisa merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

  • Menyembuhkan Influenza


Aroma menyengat dari bawang putih te rnyata sangat bermanfaat bagi penderita influenza, hal ini dikarenakan aroma yang menyengat tersebut akan menstimulasi membran mokus dan dengan begitu pernafasan pun akan kembali lebih lega.

Anda juga mengolah bawang putih ini menjadi sirup pereda asma. Caranya mudah cukup rebus segenggam bawang putih bersama cuka dan gula, kemudian minum satu sendok setiap pagi.

  • Menghilangkan Jerawat


Bawang putih memiliki sifat anti mikroba dan anti bakteri yang sangat ampuh untuk mengatasi jerawat. Anda dapat mengiris satu siung bawang putih, kemudian oleskan pada bagian yang berjerawat. Dan pastikan pisau yang Anda gunakan untuk mengiris benar-benar higenis agar tidak terjadi transfer bakteri.

  • Mengobati Wasit atau Ambeien


Anda juga dapat memanfaatkan bawang putih untuk mengobati wasir atau ambeien yang sedang Anda alami. Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan sari bawang putih lanang ini pada area anus dengan merata. Proses ini akan membantu meredakan pembengkakan.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Selain dapat mencegah masuk angin dan batuk, mengkonsumsi bawang putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam mengangkan penyakit-penyakit lain yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Khasiat ini diperoleh dari allinase dan alliin pada bawang putih.

  • Mencegah Kanker


Manfaat bawang putih yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Kandungan sulphide dalam bawang putih mampu membantu liver untuk melawan pembelahan sel kanker yang tidak wajar pada tubuh.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment