Wednesday, January 23, 2019

Tips Mengatasi Bibir Yang Terbakar Matahari

Ternyata bukan hanya wajah dan tubuh saja yang bisa terbakar sinar matahari, kulit bibir juga bisa lhoo!! Bahkan pada dasarnya kulit bibir inilah yang paling rentan terbakar sinar matahari karena lapisannya sangat tipis dan sangat sedikit mengandung melanin.


Adapun tanda dan gejala yang biasanya muncul setelah bibir terbakar matahari yaitu kulit bibir yang memerah terlihat tidak wajar, muncul lenting atau gelembung air dipermukaannya, serta bibir terasa lebih tipis dan lunak ketika di sentuh. Pada beberapa kasus yang parah, bisa juga muncul lepuh berwarna putih berukuran kecil di sekitar bibir. Bagaimakan cara mengatasinya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Tips Mengatasi Bibir Yang Terbakar Sinar Matahari

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bibir yang terbakar sinar matahari, diantaranya:

Gel Lidah Buaya

Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan gel lidah buaya (aloe vera), lidah buaya sendiri sangat dikenal dengan efeknya bisa menenangkan dan mendinginkan kulit, sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan di bibir.

Anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang langsung dari tanamannya untuk mengatasi bibir terbakar ini. Patahkan salah satu tangkai lidah buaya dan keruk gelnya, kemudian oleskan secukupnya di bibir Anda dan diamkan beberapa saat sampai mengering sendiri.

Kompres Dingin

Selanjutnya Anda bisa melakukan kompres dingin sebagai pertolongan pertama dalam 24-48 jam setelah bibir terbakar matahari. Suhu dingin dari es ini nantinya akan menghambat zat-zat perangsang peradangan yang mengalir bersama aliran darah ke lokasi cedera.

Caranya mudah sekali, Anda hanya perlu merendam waslap bersih dalam baskom berisi air es dan peras sampai kainnya lembab. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bongkahan es batu yang dimasukan ke dalam kantong plastik dan di balut handuk tipis. Tempelkan pada bibir selama 10 menit untuk satu jam pertama dalam 72 jam pertama. Anda bisa mengulang kompres ini 3 kali selama 15-20 menit.

Minum Air Putih

Selain mengobati dari luar, Anda juga bisa mempercepat proses penyembuhan dari dalam dengan lebih banyak meminum air putih. Perlu Anda ketahui, jika meminum air putih mampu membantu mencegah hilangnya cairan tubuh berlebih yang bisa menyebabkan dehidrasi dan memperparah kondisi bibir Anda.

Oleskan Pelembab Bibir

Bibir yang habis terbakar sinar matahari biasanya akan tampak kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengoleskan pelembab bibir alias lip balm untuk membuat bibir agar tetap lembab.

Hal ini karena lip balm umumnya diperkaya akan kandungan vitamin E untuk membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan melindunginya, serta SPF (minimal SPF 15-30) untuk melindungi bibir dari radiasi matahari.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengatasi bibir yang terbakar. Semoga bermanfaat :)

Tips Mengatasi Bibir Yang Terbakar Matahari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment