Sunday, January 13, 2019

Ini dia 5 Gejala Kanker Hati Yang Tidak Boleh di Sepelekan

Perlu Anda ketahui bahwa sel kanker bisa tumbuh dimana saja termasuk pada hati (liver). Jika tidak segera mendapat penanganan, sel kanker bisa merubah menjadi ganas dan terus akan merusak jaringan di sekitarnya sehingga bisa menyebabkan komplikasi fatal. Namun kebanyak orang tidak sadar bahwa mereka memiliki penyakit ini. Maka dari itu Anda perlu mengetahui gejala kanker hati sejak dini. Berikut kami sajikan informasinya untuk Anda.


Apa Saja Gejala Kanker Hati?

Hati merupakan salah satu organ penting yang tugasnya menyaring dan membersihkan darah dari zat berbahaya, membuat protein, mencerna lemak, serta menyimpan glikogen sebagai sumber energi. Dan jika sel hati tersebut bekerja atau tumbuh secara tidak normal, maka kemungkinan kanker hati akan terjadi.

Berikut adalah beberapa gejala kanker hati yang perlu Anda ketahui:

  • Nyeri Perut Sisi Kanan


Pembengkakan pada hatu yang terus terjadi akan menimbulkan tekanan yang bersar pada jaringan atau saraf di sekitarnya. Akibatnya, rasa nyeri pun akan muncul disekitar sisi kanan perut.

Dampak dari kondisi ini yaitu Anda akan merasakan sakit perut di sebelah kanan saat ingin menarik napas dalam karena tekanan dibawah tulang rusuk bagian kanan akan semakin membesar.

  • Kulit Menguning


Gejala kanker hati yang selanjutnya yaitu terjadi perubahan warna pada kulit menjadi kuning, bagian mata putih dan kuku yang jadi menguning serta disertai dengan rasa gatal dikulit, hal ini karena fungsi hati yang tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu, beberapa orang yang mengidap penyakit ini juga akan mengalami perubahan urin menjadi pucat atau keputihan.

  • Benjolan di Perut


Munculnya benjolan keras atau pembengkakan di area bawah tulang rusuk bagian sisi kanan merupakan tanda awal dari kanker hati. Benjolan yang terjadi terkadang tidak menimbulkan rasa sakit, namun kondisi ini akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Dan jika rasa sakit ini muncul di area perut bagian atas, itu artinya kanker hati sudah menyebabkan limpa membengkak.

  • Nyeri Pada Bahu Kanan


Besanya tekanan akibat pembengkakan yang mengenai saraf ini bisa menyebar ke area pundak. Sakit bahu bisa menjadi peringatan bahwa area yang bermasalah bukan hanya pada tulang belikat namun bisa berasal dari hati. Meskipun umumnya rasa nyeri ini akan muncul di sekitar bahu kanan, beberapa pasien juga akan merasakan nyeri di kedua sisi bahu bahkan hingga menjalar ke punggung.

  • Kelelahan


Kelelahan merupakan salah satu gejala umum yang bisa dialami semua pasien kanker. Namun, kelelahan yang ditimbulkan akibat penyakit kanker akan berbeda dengan kelelahan biasa yang akan hilang jika Anda sudah beristirahat. Adapun kelelahan yang diakibatkan kanker biasanya menetap selama 6 hingga 12 bulan.

Sekian penjelas mengenai gejala kanker hati yang perlu Anda waspadai. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Ini dia 5 Gejala Kanker Hati Yang Tidak Boleh di Sepelekan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment