Tuesday, January 22, 2019

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi penglihatan pun cenderung akan mengalami penurunan. Sehingga tak heran jika orang yang berusia 65 tahun ke atas perlu memakai kacamata. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata bagi lansia, salah satunya yaitu dengan rutin memeriksakan mata ke dokter sehingga fungsi penglihatan menjadi lebih baik dan tetap jelas. Selain itu, asupan gizi dan nutrisi untuk mata pun sangatlah dibutuhkan guna meningkatkan kesehatan mata pada orang tua.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut adalah beberapa tips yang perlu dilakukan agar mata tetap sehat pada orang tua, diantaranya:

Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan mata secara berkala merupakan salah satu pemeriksaan yang penting bagi kesehatan mata. Selain untuk memeriksa apakah lensa kacamata Anda masih sesuai dengan Anda, pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi penyakit mata seperti katarak dan glaukoma, serta masalah umum lainnya seperti diabetes dan hipertensis.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Nutrisi

Pilihlah berbagai jenis makanan yang kaya akan kandungan antioksidan yaitu makanan yang mengandung vitamin A dan C, seperti sayuran hijau dan ikan. Banyak jenis makanan, terutama ikan mengandung banyak sekali kandungan omega-3 (asam lemak essensial) yang mana sangat penting sekali dalam menjaga kesehatan makula, yakni bagian dalam mata yang bertanggung jawab terhadap penglihatan sentral.

Berhenti Merokok

Perlu Anda ketahui jika merokok ternyata dapat meningkatkan kadar stres oksidatif pada mata. Meskipun mekanisme terjadinya belum begitu jelas, namun penelitian telah membuktikan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko penyakit mata seperti degenerasi makula dan katarak.

Olahraga Secara Teratur

Pada dasarnya mata sangat membutuhkan sirkulasi darah dan asupan oksigen yang baik, keduanya dapat distimulasi dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang teratur juga dapat membantu menjaga berat badan Anda agar tetap ideal dan sehat, serta menurunkan risiko diabetes dan retinopati diabetik. Anda juga direkomendasikan untuk menggunakan kaca mata hitam untuk melindungi mata dari sinar UV saat melakuakn olahraga di luar ruangan.

Gunakan Pencahayaan Yang Baik

Supaya bisa melihat dengan baik, Anda membutuhkan cahaya sebanyak 3 kali lebih banyak saat sudah berusia 60 tahun di bandingkan saat berusia 20 tahun. Sehingga Anda sangat perlu meningkatkan cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan Anda, juga harus memastikan pencahayaan listrik yang baik terutama di bagain atas dan bawah tangga supaya Anda bisa melihat dengan jelas ketika ingin naik ataupun turun.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips menjaga kesehatan mata untuk lansia. Semoga bermanfaat :)

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Untuk Lansia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment