Wednesday, January 9, 2019

Tips Mengatasi Nyeri Haid Paling Mujarab

Nyeri haid atau dalam dunia medis sering disebut dengan dismenore merupakan rasa sakit yang mana dialami oleh wanita setiap kali menstruasi. Apakah Anda termasuk salah satu dari orang yang sering mengalami nyeri saat haid? Iyak ya tips berikut ini tentunya akan sangat membantu bagi Anda. Yuk simak tips mengatasi nyeri haid berikut ini.


Tips Mengatasi Nyeri Haid

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid, seperti:

  • Minum Air Putih



Salah satu cara mengatasi nyeri haid yang mudah yaitu dengan meminum air putih yang banyak. Air putih hangat biasanya akan lebih baik untuk mengatasi kram, karena cairan hangat dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah ke kulit dan membantu merelaksasikan otot yang kram. Selain itu, And ajuga dapat merelaksasikan otot yang kram dan banyak mengkonsumsi makanan atau buah yang mengandung banyak air seperti mentimun, seledri, buah beri, semangka, dan selada.

  • Hindari Makanan Yang Dapat Memperparah Kram Perut


Selama Anda menstruasi, cobalah untuk menghindari berbagai makanan yang akan memperparah rasa sakit atau kram saat menstruasi. Dan berikut adalah beberapa makanan yang perlu Anda hindari:
  1. Alkohol
  2. Minuman berkarbonat
  3. Kafein
  4. Makanan berlemak

  • Kompres Perut


Saat Anda merasakan nyeri, cobalah untuk mengkompres perut dengan menggunakan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan nantinya akan membantu merelaksasikan otot uterus yang berkontraksi sehingga dapat meminimalisir rasa sakit. Atau Anda juga bisa mencoba mandi dengan berendam di air hangat bertujuan untuk merelaksasikan seluruh bagian tubuh.

  • Minum Teh


Berdasarkan hasil dari penelitian yang dirilis oleh Journal of Agriculture and Chemistry, teh chamomile memiliki kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit akibat dari menstruasi.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa 14 orang yang ikut serta dalam penelitian memiliki level hippurate yang sangat signifikan. Hippurate sendiri meruapakan suatu senyawa dalam tubuh yang memiliki peran sebagai anti-inflamasi alami. Anti-inflamasi ini dapat membantu mengurangi produksi prostaglandin serta mengurangi nyeri haid.

  • Beraktivitas Fisik


Mungkin sebagian dari Anda yang sedang mengalami menstruasi cenderung ingin bermalas-malasan dan hanya memiliki diam ditempat tidur. Namun sebenarnya olahraga ringan dapat membantu mengurani rasa sakit yang Anda alami.

Pasalnya saat berolahraga, peredaran darag akan menjadi lancar dan hormon endorfin yang dihasilkan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang dialami.

  • Konsumsi Makanan Yang Dapat Mengurangi Rasa Sakit


Berikut adalah beberapa daftar makanan yang dapat Anda konsumsi guna mengatasi nyeri haid, diantaranya:

  1. Makanan Yang Mengandung Kalsium seperti : Almond, Sayuran, berdaun hijau, biji wijen dan makanan berbasis susu.
  2. Jahe. Anda dapat mengkonsumsi sepotong jahe yang dicampurkan kedalam air hangat untuk meringankan kram saat menstruasi.
  3. Nasi merah. Kandungan vitamin B6 dalam nasi merah dapat membantu mengurangi kembung saat menstruasi.
  4. Kayu manis. Memiliki kandungan mangan dan mineral yang sangat membantu dalam mengurangi masalah-masalah saat menstruasi.

  • Obat-obatan


Berikut adalah beberapa jenis obat-obatan yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi nyeri saat haid atau menstruasi.
  1. Ibu profen
  2. Aspirin
  3. Acetaminophen
  4. Naproxen

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips mengatasi nyeri haid yang paling mujarab. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Tips Mengatasi Nyeri Haid Paling Mujarab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment