Tuesday, January 8, 2019

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa yang tidak kenal dengan buah semangka. Buah yang berwarna merah dan berasa manis, renyah dan segar ini merupakan buah yang paling digemasri oleh masayarakat. Buah semangka sangat nikmat sekali jika dikonsumsi saat siang hari yang terik atau sehabis menyentap makanan yang pedas.


Buah yang identik dengan warna merah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak banyak yang tahu ternyata buah yang satu ini memiliki beberapa kandungan senyawa aktif yang tentunya akan sangat baik untuk kesehatan. Buah semangka sendiri mengandung 92% air, vitamin B6, vitamin C, dan kadar vitamin A. Selain itu, terdapat juga kandungan penting lainnya seperti zat antioksidan, lycopene, dan asam amino. Apa saja manfaat semangka bagi kesehatan? Berikut kami sajiakn informasi lengkapnya untuk Anda.

6 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui 

Berikut adalah beberapa manfaat semangka bagi kesehatan tubuh Anda, diantaranya:

  • Menghidrasi Tubuh


Semangka adalah salah satu buah yang sangat baik bagi Anda yang ingin merasakan kenyang dan tubuh tetap terhidrasi dalam waktu yang bersamaan. Kandungan air dalam buah semangka inilah yang akan membantu Anda tetap terhidrasi. Buah semangka juga dapat membantu suhu tubuh tetap stabil dalam cuaca panas yang menyengat.

  • Menjaga Kesehatan Jantung


Menurut penelitian yang dilakukan oleh universitas purdue, buah semangka memiliki kandungan lycopene yang sangat tinggi. Kandungan lycopene dalam semangka ini sangat efektif untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan dan menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan citruline dan arginine dalam semangka juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

  • Menyehatkan Rambut dan Kulit


Kandungan vitamin A yang terkandung di dalam semangka ternyata sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit manusia. Karena sejatinya, vitamin A pada semangka ini dapat membantu menjaga kulit dan batang rambung menjadi lembab. Selain itu, buah ini juga akan mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sehat serta baik untuk kulit wajah.

  • Memelihara Kesehatan Ginjal


Buah semangkan memiliki kandungan kalium yang tentu saja sangat bermanfaat untuk fungsi kerja ginjal, kalium sendiri akan bekerja dalam membersihkan zat-zat beracun yang mengendap dalam ginjal dan melancarkan proses eksresi serta mengurangi kadar asam urat yang bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Dengan mengkonsumsi buah semangka secara rutin, maka akan membuat proses pembuangan racun dan zat sisa makanan dalam tubuh berjalan dengan lebih maksimal dan tubuh pun akan tetao terasa sehat dan bugar.

  • Mencegah Kanker


Semangka mengandungn vitamin C dan lycopene yang sangat tinggi. Kedua macam zat ini sangat berperan pentung dalam melindungi tubuh dari serangan berbagai macam radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, manfaat semangka dalam mencegah kanker juga di peroleh dari kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi dan tentunya sangat baik sekali untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan penyakit ganas.

  • Anti Penuaan Dini


Buah semangka mengandung berbagai nutrisi kompleks seperti vitamin A, vitamin C, likopen, dan potasium yang dapat menangkal radikal bebas dari paparan lingkungan yang dapat menyerang kulit. Diantaranya paparan sinar UV matahari, asap kendaraan, polusi, dan lain sebagainya. Zat antioksidan pada semangka umumnya akan membantu tubuh dalam melepaskan timbunan radikal bebas yang ada di tubuh sehingga kulit pun akan menjadi sehat dan cerah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampikan mengenai manfaat semangka bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Kamu Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment