Wednesday, January 9, 2019

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Siapa yang tak suka buah mangga. Tentu semua orang menyukai buah yang satu ini. Rasa asam dan manis dalam buah mangga tentunya sangat menyegarkan bukan? Apalagi jika dihidangkan sebagai rujak dan dimakan dimusin panas. Hmmm pasti akan terasa sangat nikmat ya. Tapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat buah mangga bagi kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.


Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh

Buah mangga sendiri memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang tentu saja sangat baik bagi kesehatan. Adapun kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu : protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin K dan kalium, lemak, kalori, vitamin C, folat, dan karbohidrat. Berikut adalah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan, diantaranya:

  • Menurunkan Tekanan Darah


Mengkonsumsi makanan manis bisa menjadi menyebabkan kenaikan gula darah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Oklahoma State University mereka mengamati bahwa efek buah mangga pada orang dengan berat badan berlebih sangat baik, kadar gula darah mereka menurun cukup drastis dibandingkan dengan sebelum mengikuti penelitian. 

Oleh karena itu, para peserta pun sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 gram mangga kering stiap harinya.

  • Mencegah Kanker


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti Taxas AgriLife Research menyebutkan bahwa ekstra polifenol yang terkandung didalam buah mangga dapat mencegah perkembangan sel kanker pada usus besar, paru-paru, payudara, leukimia dan jaringan prostat. Buah mangga sendiri diketahui sangat efektif dalam mencegah risiko kanker payudara dan usus besar.

  • Menurunkan Berat Badan


Buah mangga juga bisa Anda jadikan sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi buah mangga dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan. Kulit buah mangga ini juga memiliki kandungan zat fitokimia yang berfungsi sebagai penghilang lemak alami. Sedangkan dagingnya mengandung banyak serat yang bisa memunculkan perasaan kenyang yang lebih lama.

  • Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit


Buah mangga memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A ini sangatlah penting dalam menjaga kesehatan jaringan epitel yang ada di kulit dan rambut supaya tetap lembab. Selain itu, memakan seporsi buah mangga juga dapat memenuhi sekitar 75% asupan vitamin C harian tubuh.

Kombinasi yang baik antara vitamin A dan vitamin C ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein khusus yang dapat memberikan serta menjaga elastisitas kulit guna mencegah kulit keriput dan mengendur sebelum waktunya.

  • Menjaga Kesehatan Mata


Kandungan lutein dan zeaxanthin pada buah mangga merupakan dua jenis antioksidan yang dapat membantu melindungi fungsi retina dan lensa mata. Fungsi retina dan lensa mata yang berjalan baik dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, mengurangi efek silau yang tidak nyaman, serta mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih sehabis melihat cahaya terang.

  • Membantu Mencegah Sakit Jantung


Kandungan serat, vitamin dan kalium pada buah mangga sudah lama dikenal dapat menangkal penyakit atau masalah pada jantung. Karena pasalnya, kenaikan asupan kalium akan sebanding dengan penurunan zat sodium dalam tubuh.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah mangga untuk kesehatan. Semoga informasi telah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih :)

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment