Thursday, February 7, 2019

Ternyata Ini 5 Hal Yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh

Perlu Anda ketahui jika maag ternyata tidak hanya menyebabkan ketidaknyamanan dalam perut saja, tetapi juga dapat menyebabkan nyeri dada, sakit tenggorokan dan bau mulut. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengkontrol makanan yang akan Anda konsumsi untuk menghindari gejala maag kambuh.

Apa Saja Pemicu Maag Yang Paling Umum?

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu gejala maag paling umum, diantaranya:

Olahraga

Perlu Anda ketahui jika ternyata berolahrga dengan cara yang salah dapat mengocok perut Anda dan akhirnya akan menyebabkan isi perut naik ke sistem pencernaan Anda.

Makan dengan Porsi Besar

Maag umumnya sering terjadi setelah seseorang makan besar. Hal ini akan terjadi jika Anda makan makanan apapun dalam jumlah banyak, dan sebaiknya Anda menghindari memakan makanan yang bisa menyebabkan kambuhnya gejala maag. Selain itu, Anda juga harus pintar membagi makanan ke dalam porsi yang lebih kecil.

Kebiasaan Makan

Ada beberapa kebiasaan seputar makan yang dapat memicu gejala maag. Berikut adalah beberapa kebiasaan umum yang dapat memicu kambuhnya gejala maag:
  • Makan pada larut malam
  • Berbaring dalam kurun waktu 1 jam setelah makan
  • Berbaring di sisi kanan, yang menempatkan perut lebih tinggi dari kerongkongan dan dapat meningkatkan risiko asam yang mengalir kembali ke kerongkongan.

Obat-obatan

Penggunaan obat tertentu juga bisa menyebabkan kambuhnya gejala maag, seperti obat Non-steroid anti-inflammatory (NSAID) yang dapat mengendurkan esophagus aphincter sehingga menyebabkan gejala maag. Selain itu, jika Anda sering menggunakan obat tekanan darah tinggi, ada kemungkinan Anda juga mengalami gejala maag dari waktu ke waktu.

Menu Makan

Terdapat beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan kerongkongan iritasi. Makanan dan minuman tersebut dapat meliputi:
  • Tomat
  • Buah jeruk asam
  • Makanan pedas termasuk merica dan cabai
  • Peppermint
  • Alkohol
  • Bawang putih dan bawang bombay
  • Kafein dan minuman berkarbonasi seperti soda, kopi, minuman berenergi, dan makanan atau minuman yang mengandung kafein lainnya.

Tips Mengetahui Apa Saja Pemicu Maag

Anda dapat melakukan beberapa trik untuk mengetahui apa saja pemicu maag. Adapun cara terbaik untuk mengidentifikasi pemicu maag adalah dengan melacak gejalanya. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencatat semua pemicunya.

Anda dapat membuat daftar apa saja yang akan Anda makan atau minum untuk sarapan, makan siang, atau makan malam, atau kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan di siang hari, serta setiap olahraga yang Anda lakukan atau obat yang Anda gunakan. Catat semua aktivitas yang menyebabkan Anda mengalami maag, dengan begitu Anda akan melacak kembali apa saja yang menyebabkan gejala-gejalanya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa hal yang dapat memicu munculnya gejala maag. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Ternyata Ini 5 Hal Yang Paling Sering Bikin Maag Kambuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment