Friday, February 8, 2019

Ini Dia 5 Penyebab Perut Terasa Mual di Pagi Hari, Selain Karena Hamil

Mungkin Anda pernah terbangung di pagi hari dengan perasaan mual dan tidak nyaman di perut. Umumnya rasa mual di pagi hari sering dianggap sebagai salah satu tanda kehamilan atau sering disebut juga dengan morning sickness. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa mual di pagi hari tidak selalu berarti bahwa Anda sedang hamil lhoo ladies. Ternyata ada beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menimbulkan gejala seperti mual di pagi hari.

Penyebab Mual di Pagi Hari Bukan Karena Hamil

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa Anda sering mual di pagi hari yang tidak di karenakan hamil, diantaranya:

Salah Makan

Beberapa jenis makanan yang Anda santap sebelum tidur juga bisa penyebabkan mual di pagi hari. Hal ini karena bisa saja makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri salmonella sehingga memicu gejala keracunan makanan, misalnya mual, sakit perut, muntah, dan diare.

Selain itu, terbangung dengan rasa lapar juga dapat menyebabkan perasaan mual di pagi hari, hal ini karena kadar gula darah yang terlalu rendah. Itulah kenapa Anda sangat disarankan untuk sarapan pagi terlebih dahulu supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

Cemas

Perlu Anda ketahui jika perasaan cemas dan gugup di pagi hari entah itu karena pagi ini Anda akan ujian skripsi atau ingin presntasi di depan klien penting. Hal tersebut juga bisa menyebabkan timbulnya perasaan mual di pagi hari.

Luapan emosi seperti stres, gugup, atau kecemasan akan mengakibatkan kadar asam dan enzim dalam perut menjadi kacau. Nantinya otot perut Anda akan berkontraksi secara berlebihan dan memicu rasa mual atau bahkan sampai muntah.

Kurang Tidur

Jika Anda terbangun di pagi hari dan merasa mual, bisa jadi itu karena tubuh Anda sedang mengalami kelelahan karena kurang tidur. Hal ini bisa karena efek jet lag, insomnia atau tidur yang tidak nyenyak semalam.

Perlu Anda ketahui jika kurang tidur ternyata akan membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang nantinya akan memicu rasa mual saat bangun tidur.

Mabuk

Rasa mual di pagi hari juga bisa terjadi karena pada malam harinya Anda meminum banyak alkohol atau bahkan sampai mabuk, maka tak heran jika Anda akan merasa mual di pagi hari. Pasalnya, mabuk alkohol akan menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat mengalami dehidrasi dan kadar gula darah menurun drastis. Itulah sebabnya kepala Anda akan terasa sakit, mual, hingga muntah ketika kebanyakan minum alkohol.

Asam Lambung Naik

Perasaan mual di pagi hari selanjutnya bisa di sebabkan karena asam lambung naik. Penyebab dari naiknya asam lambung ini bisa terjadi jika Anda telat makan atau melewatkan sarapan pagi. Telat makan biasanya akan menyebabkan asam lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika Anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 5 penyebab mual di pagi hari selain karena sedang hamil. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Ini Dia 5 Penyebab Perut Terasa Mual di Pagi Hari, Selain Karena Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment