Tuesday, February 12, 2019

Mengenal Pemahaman Umum Tentang Depresi

Deperesi merupakan salah satu gangguan suasana hati atau mood yang terjadi secara terus menerus selama minimal 2 minggu. Gejala depresi sendiri dapat ditandai dengan hilangnya minat seseorang terhadap hal-hal yang biasa di sukainya, tidak nafsu makan, merasa putus asa, dorongan seksual menurun dan sering merasa tidak bertenaga.


Pengetahuan masyarakat tentang depresi umumnya sangat minim sekali. Sehingga mereka menjadi sangat sulit memahami apa itu depresi. Terkadang masih banyak masyarakat yang salah paham mengenai pengertian dari depresi sendiri. Untuk itu, kami disini akan memberi informasi mengenai pemahaman umum tentang depresi.

Pemahaman Umum Tentang Depresi

Depresi atau dalam bahasa medis lebih di kenal dengan depresi mayor merupakan gangguan suasana hati (mood) yang dapat mempengaruhi pola pikir, perasaan dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami depresi umumnya seseorang akan merasa sangat sedih, merasa tidak bahagia, putus harapan atau sering menyalahkan diri sendiri.

Hal tersebut umumnya terjadi sepanjang hari dan berlangsung paling tidak selama 2 minggu. Perlu Anda ketahui jika depresi berbeda dengan perasaan tidak bahagia yang hanya berlangsung sementara. Namun karena kesalah pahaman atau ketidak tahuan masyarakat akan hal ini, umumnya mereka hanya di anggap mengalami rasa sedih yang biasa, sehingga penyakit ini sering dianggap sepele. Padahal depresi merupakan penyakit serius yang dapat mendorong penderitanya untuk melakukan bunuh diri.

Berikut adalah beberapa bentuk lain dari depresi yang sedikit berbeda dari segi waktu, diantaranya:

  • Persistent depressive disorder. Merupakan depresi bentuk ringan tapi kronis. Kenapa dikatakan kronis, karena gejala depresi yang dialami dapat bertahan selama 2 tahun.
  • Disruptive mood dysregulation disorder. Kondisi ini sering disebut dengan gangguan bipolar pada anak-anak, gangguan ini umumnya terjadi pada anak-anak kurang dari 18 tahun dengan gejala yang muncul yaitu cepat marah dan sering melakukan perbuatan ekstrim di  luar kontrol.
  • Premenstrual dysphoric disorder. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya gejala perubahan mood, cepat marah dan gejala depresi yang terjadu selama beberapa minggu terakhir sebelum menstruasi dan berkurang setelah menstruasi, kemudian akan menghilang setelah menstruasi berakhir.
  • Depresi perinatal. Merupakan salah satu bentuk serius dari baby blues yang dialami oleh wanita setelah melahirkan. Depresi perintal dapat terjadi selama kehamilan atau setelah melahirkan. Keadaan ini umumnya akan mengakibatkan ibu sulit untuk melakukan aktivitas baik untuk dirinya atau untuk anaknya.

Umumnya wanita sering mengalami depresi dibandingkan dengan laki-laki. Dan lebih dari 750 ribu orang meninggal karena bunuh diri. Untuk mencegah tindakan bunuh diri, penyakit depresi ini harus segera diatasi dengan dukungan dan penanganan yang tepat.

Mengenal Pemahaman Umum Tentang Depresi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete