Monday, February 11, 2019

Mengenal Gejala dan Cara Mencegah Mata Lelah

Mata lelah umumnya sering menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman serta akan mengganggu kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Terlebih jika kita sedang beraktivitas seperti bekerja, belajar, atau ketika mengemudi kendaraan. Mata lelah memang bukanlah kondisi yang serius dan umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Namun meskipun demikian, Anda tetap harus mengetahui bagaiamana cara mencegah serta mengatasi mata lelah. Dan berikut kami sajikan informasi lengkapnya untuk Anda.

Apa Saja Gejala Mata Lelah?

Mata lelah umumnya dapat di deskripsikan sebagai gangguan mata yang disebabkan oleh penggunaan mata dalam jangka waktu yang lama tanpa melakukan istirahat. Adapun gejala dari mata lelah sendiri yaitu:
  • Mata berair atau terasa kering
  • Mata menjadi lebih sensitif ketika melihat cahaya
  • Pandangan menjadi kabur atau berbayang
  • Mata terasa pedih, nyeri dan gatal

Gejala-gejala mata lelah juga bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya, misalnya nyeri bahu, sakit kepala, leher, dan punggung. Gejala tersebut akan semakin terasa jika Anda kurang tidur. Sebab, tidur yang cukup sangatlah penting untuk mata. Selama kita tertidur, maka mata akan beristirahat dan mendapatkan nutrisi untuk perbaikan jaringan, sehingga mata lelah pun dapat teratasi.

Bagaimana Cara Mencegah Mata Lelah?

Mata lelah umumnya akan terjadi karena pekerjaan seseorang. Dibawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah mata lelah.

Perhatikan Pencahayaan Ruangan

Usahakan agar pencahayaan ruangan Anda tidak terlalu terang saat sedang menggunakan komputer, sehingga cahayanya tidak akan menyilaukan mata, Anda juga harus pintar dalam mengatur arah pencahayaan. Pastikan juga Anda selalu menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaannya tetap ideal.

Aturlah Pencahayaan dan Posisi Komputer

Anda juga harus mengatur pencahayaan layar komputer dan bisa Anda lakukan dengan bantuan filter. Dan saat Anda beraktivitas dengan komputer, pastikan Anda selalu menjaga jarak aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50-60 agar jarak mata dan layar tetap ideal. Untuk mempermudah hal ini, Anda dapat menggunakan kursi yang dapat diatur posisinya.

Istirahatkan Mata Secara Berkala Selama 20 Detik

Saat Anda mengoprasikan komputer atau membaca, Anda sangat dianjurkan untuk sesekali mengistirahatkan mata dari kegiatan itu. Anda dapat beristirahat setiap 20 menit, lalu istirahatkan mata Anda setidaknya selama 20 detik.

Perawatan Mata

Mata lelah juga dapat di cegah dengan melakukan perawatan mata, adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengompres mata memakai kain yang sudah di basahi air hangat atau menggunakan tetes mata untuk menyegarkan mata saat mulai merasa mata sudah kering.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gejala dan cara mencegah mata lelah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Mengenal Gejala dan Cara Mencegah Mata Lelah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment