Tuesday, February 12, 2019

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Jambu merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak di temukan di Indonesia. Terdapat berbagai jenis jambu, dan salah satu jambu yang paling banyak peminatnya adalah jambu biji merah. Selain karena murah dan mudah di dapatkan, jambu biji merah juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan dan Manfaat Jambu Biji Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Jamu biji merah memiliki banyak sekali kandungan senyawa yang tentunya sangat baik untuk kesehatan. Adapun kandungan tersebut diantaranya ialah vitamin A, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, asam folat, mangan, kalium, tembaga dan mangnesium. Perlu Anda ketahui juga bahwa kandungan vitamin C dalam buah jambu ini sangatlah tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk.

Berikut adalah beberapa manfaat jambu biji merah bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Mampu Mengatasi Gejala Diabetes

Jambu biji merah sangat bermanfaat dalam mengatasi gejala diabetes. Hal ini karena jambu biji ini memiliki banyak sekali kandungan serat yang tentu saja sangat bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah. Serat atau dietary fiber yang masuk ke tubuh ini tidak akan diserap langsung oleh tubuh, sehingga tidak akan menyebabkan kenaikan gula darah.

Menjaga Kesehatan Mata

Seiring dengan bertambahnya usia ataupun akibat kebiasaan tertentu, kemampuan penglihatan pun umumnya akan mengalami penurunan. Buah jambu merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan sangat baik khususnya bagi kesehatan mata, kandungan tersebut ialah vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga dan merawat mata agar tetap sehat. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah jambu secara rutin dapat menurunkan gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat jambu biji merah selanjutnya yaitu dapat menjaga sistem pencernaan. Jambu merah diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam satu buah jambu biji diketahui dapat memenuhi kurang lebih 12% kebutuhan serat harian.

Selain jambu biji, daun jambu biji diketahui juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat untuk mengatasi masalah pencernaan. Hal ini karena efek antimikroba dalam jambu mampu untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare.

Menjaga Kesehatan Kulit

Jambu biji memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini. Serta antimikroba dari ekstra jambu ini juga dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Kandungan vitamin C nya juga sangat baik untuk mencerahkan kulit.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Manfaat jambu biji yang selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut. Umumnya, permasalah gigi dan mulut ini paling sering terjadi karena infeksi bakteri. Efek antimikroba yang terdapat pada daun jambu biji ini ternyata dapat mengatasi berbagai masalah pada gigi dan mulut serta nyeri gigi, gusi bengkak, hingga sariawan.

Mencegah Stress

Jambu biji memiliki banyak sekali kandungan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya yaitu magnesium. Kekurangan magnesium ternyata dapat menyebabkan stres dan depresi, karena magnesium sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam fungsi otak untuk mengatur suasana hati. Magnesium juga dapat membantu relaksasi saraf dan otot sehingga akan membuat seseorang lebih tenang.

Meredakan Nyeri Haid

Jambu biji juga memiliki manfaat yakni dapat meredakan nyeri haid. Sebuah penelitian menunjukan bahwa ekstra daun jambu sangat ampuh dijadikan sebagai salah satu bahan obat nyeri sendi. Penelitian juga menunjukan bahwa ekstra daun jambu ini memiliki efek spasmolitik atau dapat melemaskan ketegangan otot.

Demikianlah informasi mengenai manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:


  1. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    add pin bb 58ab14f5 || ditunggu ya^^

    ReplyDelete