Sunday, February 10, 2019

Cara Menjaga Kandung Kemih Agar Tetap Sehat Pada Wanita

Banyak sekali wanita yang kurang menjaga kesehatan organ tubuh bagian bawah seperti kandung kemih. Padahal kesehatan kandung kemih ini perlu di jaga dengan baik agar tidak menimbulkan penyakit tertentu. Pelu Anda ketahui jika sebenarnya wanita sangat mudah sekali terkena infeksi saluran kencing yang lebih besar dari pada pria. Lalu apa yang harus dilakukan agar kesehatan kandung kemih tetap terjaga? Yuk intip informasinya berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih Pada Wanita

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kandung kemih, diantaranya:

Jaga Berat Badan Agar Selalu Stabil

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh salah satu peneliti asal New York, ia mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas biasanya akan memiliki resiko tinggi untuk mengalami inkontinensia urin (susah menahan kencing).

Sehingga semakin bertambah berat badan Anda, maka timbunan lemak dalam tubuh pun akan semakin terus menekan kandung kemih. Akibatnya, urin akan semakin terdesak dan membuat Anda susah untuk mengendalikan hasrat buang air kecil.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Lakukan olahraga secara rutin dan perbanyak makan sayur dan buah setiap harinya, serta pantau selalu berat badan Anda secara rutin agar berat badan Anda selalu stabil.

Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menjaga kesehatan kandung kemih, Anda diharuskan untuk memperbanyak minum air putih setiap harinya. Meskipun banyak minum akan membuat Anda menjadi bolak-balik ke kamar mandu, tetapi hal ini akan membantu membilas bakteri-bakteri yang bersemayam di kandung kemih. Nyatanya, semakin banyak bakteri yang terbuang bersama urine maka kandung kemih Anda pun akan semakin sehat dan terhindar dari infeksi bakteri.

Maka dari itu, pastikan Anda untuk selalu mencukupi kebutuhan minum air putih setiap harinya minimal muinumlah 8 gelas air putih setiap hari. Anda juga disarankan untuk lebih rutin meminum jus dan memakan sup untuk memenuhi cairan di tubuh Anda.

Hindari Kebiasaan Menahan Kencing

Apakah Anda termasuk orang yang sering menahan buang air kecil? jika ya, hentikan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Perlu Anda ketahui jika buang air kecil akan membantu Anda untuk membuang bakteri, tetapi jika Anda menahannya maka bakteri yang seharusnya di buang akan kembali naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

Wanita sangat rentan sekali terhadap masalah infeksi saluran kencing. Pasalnya kondisi ini akan semakin parah jika dibiarkan terus menerus. Setiap kali hasrat ingin membuang air kecil muncul, maka segeralah pergi ke kamar mandi dan keluarkan sampai tuntas.

Hindari Makanan Yang Memiliki Rasa Asam

Interstitial cystitis merupakan salah satu gangguan kandung kemih kronis yang lebih umum terjadi [ada wanita di bandingkan pria. Biasanya Anda akan merasakan rasa sakit di bagian kandung kemih, merasa ingin buang air kecil terus menerus dan kadang sampai mengompol.

Hal tersebut umumnya dapat terjadi karena Anda terlalu sering memakan makanan asam seperti tomat atau jus jeruk. Dan supaya kandung kemih Anda tetap sehat, mulai sekarang batasilah mengkonsumsi makanan asam. Hal ini umumnya akan membantu Anda dalam menurunkan frekuensi buang air kecil yang berlebihan sekaligus menurunkan resiko penyakit kandung kemih.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menjaga kandung kemih agar tetap sehat bagi wanita. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Cara Menjaga Kandung Kemih Agar Tetap Sehat Pada Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment