Friday, February 8, 2019

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tak kenal dengan buah dukuh? Buah yang memiliki bentuk bulat kecil ini biasanya sering dikonsumsi sebagai cuci mulut, namun buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk diolah kembali menjadi selai, isian puding, dan lainnya. Buah duku yang sudah matang akan ditandai dengan warna buahnya yang sudah kekuningan dan mempunyai rasa lebih manis. Terkadang ada juga masyarakat yang beranggapan bahwa buah duku ini pahit, namun pada kenyataannya rasa pahit ini hanya dihasilkan jika Anda menggigit bijinya saja. Dan tahukah Anda jika ternyata buah duku ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat buah duku yang baik untuk kesehatan, diantaranya:

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah duku yang pertama yaitu dapat mencegah timbulnya penuaan dini. Adapun salah satu faktor penyebab munculnya penuaan dini yaitu karena radikal bebas. Buah duku memiliki kandungan berupa vitamin C yang mana akan bekerja sangat efektif dalam menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

Selain itu, vitamin C juga sangat bermanfaat dalam melindungi protein lipid, asam nukleat dan karbohidrat dari kerusakan yang di sebabkan oleh radikal bebas maupun polusi atau racun.

Sumber Antioksidan

Buah duku memiliki manfaat sebagai vitamin C yang akan berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi menghindari tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh polusi maupun zat beracun.

Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C sangatlah dibutuhkan semua orang untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Kandungan vitamin C dalam buah duku ini sangat berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh serta berkhasiat untuk memulihkan kembali kondisi tubuh yang sebelumnya terserang penyakit.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah duku mengandung banyak serat yang sangat tinggi sehingga dapat bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, buah duku ini juga sangat berkhasiat untuk mencegah kanker pada saluran pencernaan. Kandungan kalori, mineral serta zat besi pada buah duku ini juga lebih banyak jika dibandngkan dengan buah jeruk atau buah apel.

Menjaga Kesehatan Gusi

Perlu Anda ketahui jika ternyata buah duku ini juga bisa menjaga kesehatan gusi. Hal ini karena kandungan vitamin C di dalam buah duku yang memiliki kemampuan untuk menjaga sekaligus melindungi gusi dari berbagai macam bakteri di dalamnya.

Menurunkan Berat Badan

Buah duku ternyata bisa digunakan sebagai salah satu buah untuk menurunkan berat badan. Buah duku ini akan membantu tubuh dalam mendapatkan carnitine. Carnitine sendiri nantinya akan mengarahkan molekul lemak ke sebuah jaringan pembakaran lemak. Molekul lemak ini harus diperhatikan bagi siapapun yang sedang menurunkan berat badan karena jika terjadi kekuranan molekul lemak, tubuh akan terasa lelah dan kurang berenergi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah duku bagi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment