Sunday, February 10, 2019

5 Tanaman Obat Yang Mudah Dibudidayakan dan Banyak Manfaatnya

Indonesia memiliki banyak sekali tanaman obat yang tentunya sering diolah oelh masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit secara alami. Tanaman obat sendiri memiliki ribuan jenis spesies, dari 40 ribu macam tanaman obat yang ada di dunia, ternyata hampir 90% habitatnya berada di Indonesia. Bagaimana sangat luar biasa bukan? Lalu apa sajakah tanaman obat yang mudah di budidayakan dan banyak manfaatnya?

Tanaman Obat Yang Mudah di Budidayakan dan Banyak Khasiatnya

Tanaman obat di Indonesia sering disebut dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Tanaman ini mengandung berbagai kandungan senyawa aktif atau bahan alami tertentu yang dipercaya sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Setiap jenis tanaman obat ini memiliki komposisi atau senyawa yang berbeda-bedasatu sama lainnya. Dan berikut adalah beberapa tanaman obat yang mudah di budidayakan di rumah dan banyak sekali manfaatnya.

Kunyit

Tanaman obat pertama yang sangat mudah sekali untuk dibudidayakan yaitu kunyit. Kunyit memiliki kandungan zat kurkumin yang memberikan warna oranye pada tanaman ini. Kurkumin ini juga yang memberikan khasiat obat dari kunyit untuk membantu menjaga kesehatan serta mencegah dari berbagai jenis penyakit.

Berkat kandungan kurkumin yang terdapat di dalamnya, kunyit ini sering digunakan untuk pengobatan tradisional Indonesia untuk meringankan gejala gangguan pencernaan, mengatasi penyakit hati, gejala kulit hingga mengurangi resiko penyakit jantung.

Jahe

Jahe merupakan salah satu tanaman obat yang sangat populer sebagai bahan dalam pembuatan jamu dan obat tradisional. Tanaman ini mengandung senyawa aktif kuat bernaman gingerol yang mampu mengatasi banyak masalah pada pencernaan seperti mual, muntah dan sakit perut, hingga mengatasi nyeri haid dan nyeri sendi seperti reumatik dan osteoarthritis.

Kandungan gingerol juga dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar. Selian itu jahe juga dapat membantu menurunkan berat badan. 

Jika Anda ingin menggunakan jahe sebagai obat herbal, pilihlah jahe yang segar. Dan partikan Anda menyimpang jahe ini ditempat yang sejuk dan segar agar kualitas jahenya tetap terjaga dan segar.

Daun Sirih

Sejak zaman dahulu, daun sirih ini sering digunakan sebagai tanaman obat untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Pada umumnya, nenek moyang kita sering mengunyah daun sirih untuk menjaga kesehtan gigi dan mulut mereka.

Dan kenyataannya, tradisi menyirih ini memang terbukti bermanfaat . Mengunyah sirih telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, sehingga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dan penyakit gusi.

Kencur

Kencur umumnya terkenal dengan khasiatnya yang bisa mengobati batuk berdahak, obat demam, obat diare, dan obat sakit gigi. Kencur juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan nafsu makan dan mengobati cedera otot setelah berolahraga.

Tidak hanya itu saja, berdasarkan penelitian yang dilakukan dari Bangladesh mereka menunjukan bahwa ekstra kencur memiliki kandungan sifat depresan yang bermanfaat untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Kumis Kucing

Kumis kucing merupakan tanaman obat yang cukup terkenal di kalangan masyarakat karena khasiatnya yang bisa meringankan beberapa masalah kesehatan, seperti gusi bengkak dan luka di kulit. Selain itu, kumis kucing juga memiliki kandungan zat anti radang yang dapat membantu mengendalikan gejala alergi, asam urat dan reumatik, menghentikan kejang dan mengobati penyakit ginjal.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kumis kucing ini memiliki sifat diureutik yang dapat memicu peningkatkan produksi urine.Perlu Anda ketahui, jika secara tidak langsung bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil ini dapat membantu mengeluarkan bakteri yang ada di dalam kandung kemih. Hal ini kemungkinan akan membantu mengurangi resiko terjadinya infeksi saluran kencing. (Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih)

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa tanaman obat yang mudah di budidayakan di rumah dan memiliki banyak sekali khasiat dan manfaatnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih.

5 Tanaman Obat Yang Mudah Dibudidayakan dan Banyak Manfaatnya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment