Monday, February 11, 2019

Mengenal Arti Warna Urine Anda

Urine akan dikeluarkan tubuh untuk membuang racun dan zat sisa makanan dari dalam darah. Zat-zat tersebut nantinya akan mempengaruhi warna urine, itulah sebabnya mengapa perubahan warna urine dapat di pakai untuk menggambarkan kondisi kesehatan tubuh.
Umumunya warna urine yang normal bervariasi mulai dari kuning pucat, jernih, hingga keemasan. Warna kuning ini umumnya berasal dari pigmen tubuh yang disebut dengan urokrom. Semakin banyak Anda meminum air putih maka warna urine pun akan semakin pucat. Sedangkan urine yang berwarna hijau, biru, coklat, atau merah bisa jadi suatu pertanda awal dari sebuah penyakit misalnya infeksi atau adanya luka di saluran kemih dan kerusakan sel darah merah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui arti dalam warna urine Anda.

Mengenal Arti Warna Urine

Berikut adalah arti warna urine yang perlu Anda ketahui untuk mengecek kondisi kesehatan tubuh.

Kuning Pekat

Warna urine yang kuning pekat umumnya di sebabkan karena dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat terjadi bila jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh menjadi lebih banyak di bandingkan dengan jumlah cairan yang masuk.

Cokelat Tua

Perlu Anda ketahui jika urine yang berwarna cokelat atau cokelat tua merupakan salah satu tanda awal adanya masalah pada organ hati, infeksi saluran kemih, ginjal, dan anemia hemolitik. Selain itu, urine berwarna cokelat tua juga bisa disebabkan karena adanya efek samping obat. Adapun sejumlah obat yang dapat membuat warna urine menjadi cokelat adalah antibiotik, antimalaria, dan obat pencahar yang mengandung cascara atau senna.

Putih Keruh

Warna urine yang putih dan cenderung mirip susu dan berbau, bisa jadi merupakan tanda telah terjadi infeksi saluran kemih yang disertai dengan pembentukan nanah. Kondisi ini disebut juga dengan piuria. Penyebabnya antara lain adalah jamur, infeksi bakteri, dan virus. Warna urine yang keruh juga menjadi pertanda awal adanya penumpukan sel darah putih, protein, asam urat, atau lemak pada urine.

Oranye

Urine yang berwarna oranye dapat terjadi karena adanya masalah kesehatan pada hati atau saluran empedu, terutama jika kondisi ini disertai dengan warna feses yang terlihat pucat atau putih. Selain itu, warna urine yang oranye juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami dehidrasi atau karena efek samping kemoterapi, obat anti radang sulfasalazine, obat TB rifanpin dan isoniazid, obat pencahar, serta riboflavin (vitamin B2) dalam dosisi yang tinggi.

Merah Muda Atau Merah

Warna urine merah atau pink dapat terjadi karena pengaruh dari makanan yang Anda konsumsi, seperti buah bit, buah naga merah, dan blackberry. Selain itu, warna urine merah juga bisa di sebabkan karena adanya efek samping dari obat-obatan tertentu seperti obat TB rifampin dan infeksi saluran kemih.

Nah jika urine Anda berwarna merah mudah atau merah, Anda juga harus selalu memperhaikan gejala lainnya. Karena pasalnya warna urine merah ini bisa menandakan adanya kencing berdarah, penyakit ginjal, tumor, infeksi saluran kemih, batu ginjal dan kandung kemih, anemia hemolitik, gangguan prostat dan kelainan genetik porfiria.

Hijau atau Biru

Warna urine yang satu ini mungkin akan membuat Anda sedikit kaget, karena warna urine ini sangat tidak biasa. Dan biasanya warna biru atau hijau dari urine ini disebabkan oleh pewarna makanan atau efek samping dari obat-obatan seperti asma, anti depresan amitripilin, zat warna metilen biru, dan obat bius profol. Bila Anda mengalami warna urine hijau atau biru, maka segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui kondisi yang selanjutnya. 

Demikianlah informasi mengenai arti warna urine untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

Mengenal Arti Warna Urine Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment