Sunday, February 10, 2019

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Tak banyak yang mengetahui jika ternyata buah mengkudu alias buah noni ini merupakan bagian dari spesies keluarga kopi. Buah hijau eksotis ini memiliki ukuran yang mirip dengan kentang. Buah mengkudu ini memiliki rasa yang tidak enak dan mengeluarkan bau busuk yang sedikit tajam, sehingga kebanyakan orang enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung melainkan sering mengolahnya dalam bentuk jus maupun suplemen makanan. Namun meskipun begitu, buah mengkudu ini memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja khasiat dan manfaatnya? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Dapat Menurunkan Resiko Encok

Encok merupakan salah satu penyakit jenis arthritis yang di sebabkan oleh penumpukan kristal asam urat di persendian. Banyak sekali penelitian yang menunjukan bahwa jus buah mengkudu ini dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah, sehingga mampu menurunkan resiko encok.

Mencegah kanker

Buah mengkudu memiliki kandungan berupa antioksidan yang cukup banyak. Kandungan antioksidan ini memiliki kemampuan untuk memerangi risiko Anda terhadap kanker. Buah mengkudu sendiri telah menunjukan sifat stimulasi kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah mengkudu yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan scopoletin yang hadir di dalam buah mengkudu ini memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi dan anti histamin yang dapat meningkatkan pertahanan tubuh.

Melindungi Tubuh dari Resiko Kerusakan Akibat Kanker

Menurut hasil penelitian, mengkonsumsi jus mengkudu ternyata dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang bisa menimbulkan stroke. Mengkudu sendiri memiliki kandungan sifat antioksidan dan anti inflamasi yang sangat  bermanfaat dalam melindungi otak dan menghindari terjadinya gangguan aliran darah sementara ke otak.

Mengatasi Arthritis

Perlu Anda ketahui jika mengkonsumsi jus mengkudu setiap hari, akan membuat Anda untuk mengurangi rasa sakit yang di akibatkan oleh arthritis. Berbagai penelitian menunjukan bahwa jus mengkudu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis karena memiliki sifat analgesik.

Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Berdasarkan hasil penelitian, buah mengkudu sangat bermanfaat dapat mengendalikan kadar glukosa darah. Penelitian juga menunjukan buah mengkudu ini memiliki sifat yang mana dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga buah mengkudu ini akan sangat efektif jika dikonsumsi oleh Anda yang memiliki diabetes untuk menurunkan kadar gula darah. 

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah mengkudu untuk kesehatan tubuh. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment