Friday, February 8, 2019

5 Langkah Sederhana Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar Panjang Umur

Sebagaian orang umumnya banyak yang belum paham mengenai bagaimana cara untuk menjaga diri agar tetap sehat, baik itu secara fisik dan mental. Padahal hidup sehat dan bahagia adalah kunci dari panjang umur. Itu berarti semakin bahagain seseorang, maka peluang hidupnya pun akan semakin lama. Salah satu cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk tetap bahagia dan panjang umur yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. Berikut kami sajikan panduan pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan.

Langkah-langkah Memulai Hidup Sehat

Bijaklah Dalam Memilih Makanan

Perlu Anda ketahui bahwa apa yang Anda makan ini akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi setiap harinya.

Oleh sebab itu, pastikan makanan dalam piring Anda memenuhi asupan gizi seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, serat dan lemak baik. Anda juga tidak boleh terlalu fokus dengan satu jenis makanan pokok. Sesekalai Anda bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, ubi, atau kentang.

Hindari Stress

Ada berbagai peroalan hidup yang tentunya akan membuat Anda menjadi stress misalnya tugas atau kerjaan yang menumpuk, keuangan yang tersendat, hubungan asmara yang telah merenggang dan berbagai masalah lainnya yang menyebabkan Anda mengalami stres. Saat Anda merasa stres akan semua hal tersebut, semua sistem dalam tubuh Anda akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda.

Stres yang bersifat kronis umumnya akan berdampak buruk pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Untuk itu, sebisa mungkin cobalah untuk menghindari berbagai hal atau persoalan yang dapat membuat diri Anda stres.

Ketika Anda sedang mengalami stres karena persoalan tertentu, ada baiknya jika Anda untuk pergi liburan ke tempat yang sepi dan sunyi. Tenagkan diri Anda sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga stres dan kecemasan Anda berkurang.

Sempatkan Olahraga Setiap Hari

Aturlah waktu untuk melakukan olahraga setiap hari. Lakukan berbagai jenis olahraga yang memang Anda sukai, jika Anda suka bersepeda maka bersepedahlah dan jika Anda suka berjalan santai maka lakukanlah. Kuncinya hanya satu buatlah tubuh Anda aktif bergerak setiap harinya.

Dengan aktif bergerak, tubuh Anda nantinya akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga akan membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Sehingga tak heran jika setalah olahraga atau melakukan aktivitas fisik Anda jadi merasa bugar.

Banyak Minum Air Putih

Perlu Anda ketahui juga bahwa sekitar 60% dari komposisi tubuh Anda adalah air. Tetapi setiap cairan tersebut akan terus berkurang lewat keringat, urin dan bahkan setiap kali Anda bernapas. Inilah alasannya mengapa sangat penting untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan Anda selalu terpenuhi setiap harinya.

Oleh sebab itu, Anda sangat disarankan untuk selalu membawa botol air minum kemana pun Anda pergi. Masulan botol ke dalam tas, sehingga Anda tidak akan lupa untuk selalu membawanya kemana-mana. Selain itu, sediakanlah air dalam meja kerja atau dikamar tidur.

Cukup Tidur

Hal terakhir yang harus selalu Anda lakukan adalah cukupilah waktu tidur Anda. Tidur merupakan salah satu kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Tidur dapat menjadi pondasi penting dimana pikiran dan tubuh yang sehat akan terbentuk. Dan jika fondasi ini goyah maka akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. Sediakan waktu tidur Anda minimal 7-9 jam perharinya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips menerapkan pola hidup sehat agar panjang umur. Semoga bermanfaat :) 

5 Langkah Sederhana Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar Panjang Umur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment