Thursday, February 7, 2019

Bolehkah Orang Yang Punya Maag Makan Nanas?

Orang yang memiliki maag biasanya harus berhati-hati dalam memilih jenis makanan dan minuman untuk dikonsumsi. Karena pasalanya, tidak semua makanan aman bagi orang dengan penyakit maag. Lalu, bagaimana dengan buah nanas? Apakah mengidap maag boleh mengkonsumsi buah nanas? Yuk cari tahu jawabannya berikut ini.

Bolehkah Penderita Maag Makan Nanas?

Perlu Anda ketahui jika sebenarnya maag bukanlah sebuah penyakit melainkan kumpulan dari berbagai gejala yang berkaitan dengan masalah pada saluran pencernaan. Mulai dari perut kembung, mual, hingga sakit perut.

Dan jika Anda merasakan sensasi panas di perut, itu biasanya disebabkan karena meningkatnya jumlah asam lambung. Dan lambat laun asam lambung bisa saja naik kembali ke kerongkongan (esofagus), sehingga dapat menimbulkan sensasi seolah terbakar sampai ke dada (heartburn).

Jika Anda memiliki dan sering mengalami maag, refluks asam lambung, GERD, maupun penyakit lainnya yang berkaitan dengan sistem pencernaan, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi.

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa makanan dan minuman tertentu dapat memicu naiknya asam lambung kembali ke dada dan kerongkongan. Itulah sebabnya mengapa penderita maag dan gangguan pencernaan sebaiknya menghindari makanan yang terlalu asam karena dapat membuat gangguan pencernaan yang Anda miliki kambuh kembali.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa penderita maag untuk memakan nanas sangatlah kecil, hal ini karena kondisi sistem pencernaan yang kurang mendukung.

Mengapa Demikian?

Hal ini dikarenakan nanas termasuk ke dalam salah satu jenis buah-buahan yang memiliki sifat asam . Itulah sebabnya mengapa nanas memiliki skor pH di antara 3-4. Namun demikian, tidak hanya nanas yang perlu di hindari oleh penderita maag melainkan buah-buah lain yang memiliki sifat asam seperti lemon, jeruk, serta tomat juga tergolong memiliki pH asam, yang sebaiknya dihindari guna mencegah naiknya asam lambung. 

Meskipun begitu, tidak semua pengidap maag, refluks lambung, dan GERD selalu mengalami kekambuhan gejala setiap kali memakan nanas dan buah asam lainnya. Akan tetapi, sebaiknya Anda tetap harus menghindari buah-buahan dengan rasa asam jika tidak ingin gejala maag dan asam lambung Anda kambung tiba-tiba.

Itulah beberapa alasan mengapa penderita maag tidak boleh mengkonsumsi buah nanas. Dan sebaiknya Anda selalu menerapkan pola hidup sehat agar tubuh selalu sehat dan fitt setiap harinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Terima Kasih

Bolehkah Orang Yang Punya Maag Makan Nanas? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment