Monday, February 11, 2019

Penyebab Kuping Berdengung dan Pencegahannya

Apakah Anda pernah mengalami kuping berdengung?Pada umumnya hampir setiap orang pasti pernah mengalami kuping berdengung. Kondisi ini tentu saja dapat menggangu aktivitas sehari-hari Anda mulai dari mengusik waktu istirahat Anda hingga akan menimbulkan kegelisahan. Bunyi dengungan sendiri biasanya akan terdengar secara singkat atau terus menerus tergantung dari penyebabnya. Lalu apa sajakah yang bisa menjadi penyebab telinga berdengung? Yuk simak informasinya berikut ini.

Apa Penyebab Kuping Berdengung?

Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami telinga berdengung, diantaranya:

Adanya Penyumbatan Akibat Kotoran Dalam Telinga

Perlu Anda ketahui jika terdapat sumbatan kotoran di dalam telinga dapat menyebabkan timbulnya iritasi pada telinga, sehingga kemungkinan Anda akan mengalami gangguan seperti kuping berdengung. Untuk mencegahnya, Anda sangat di sarankan untuk selalu membersihkan telinga dengan rutin.

Paparan Lama Terhadap Suara Kencang

Kasus kuping berdengung umumnya sering berkaitan dengan adanya gangguan pendengaran akibat bising (noice-nduced hearing loss). Karena paparan bising atau suara kencang secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada organ telinga dalam. Umumnya kondisi ini sering terjadi pada pilot, kuli bangunan dan musisi.

Infeksi Telinga

Infeksi yang terjadi pada bagian tengan atau biasa disebut dengan otitis media ini bisa menyebabkan kuping berdengung. Namun setelah infeksi sembuh, keluhan kuping berdengung biasanya akan hilang dengan sendirinya. Agar infeksi telinga dapat teratasi dengan baik, sebaiknya Anda periksakan telinga Anda ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Menderita Penyakit Tertentu

Perlu Anda ketahui jika terdapat beberapa gangguan kesehatan yang dapat memicu seseorang mengalami kuping berdengung, diantaranya penyakit jantung dan pembuluh darah, gangguan tulang pendengaran, tumor jinak pada saraf pendengaran, penyakit meniere, gangguan pada leher atau rahang, tekanan darah tinggi, serta cedera pada leher atau kepala.

Cara Mencegah Kuping Berdengung

Berikut adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kuping berdengung, diantaranya:
  • Gunakanlah pelindung telinga saat Anda beraktivitas di dekat sumber suara yang sangat nyaring, seperti di studio atau konser musik, di ruangan dengan mesin menyala atau lokasi konstruksi bangunan.
  • Istirahatkan telinga setiap satu jam sekali saat mengenakan earphone untuk mendengarkan musik. Anda juga perlu menghindari memasang earphone dengan volume penuh dalam waktu yang lama. Aturlah volume earphone agar kurang dari 60%.
  • Jagalah selalu kesehatan tubuh dan kesehatan pembuluh darah dengan rutin berolahraga dan mengatur pola makan sehat, agar terhindari dari kuping berdengung akibat gangguan pembuluh darah.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kuping berdengung dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Penyebab Kuping Berdengung dan Pencegahannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment