Monday, July 29, 2019

Cara Mengatasi Pegal-pegal Saat Hamil

Pada umumnya para ibu hamil sering mengeluhkan pegal-pegal pada bagian tubuhnya. Rasa pegal ini dapat dirasakan di salah satu bagian tubuh atau mungkin dapat bersifat menyeluruh. Lalu, bagaimana cara mengatasi pegal-pegal saat hamil? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Pegal-pegal Saat Hamil


Sebenarnya rasa pegal saat hamil adalah kondisi yang sangat wajar, karena pada saat hamil ligamen atau jaringan penyokong dalam tubuh mengalami peregangan secara alami untuk menunjang perkembangan kandungan dan memudahkan proses persalinan.

Selain itu, terdapat juga faktor lain yang dapat menyebabkan pegal selama kehamilan seperti terjadi kenaikan berat badan, adanya perubahan hormon, faktor stres dan pertumbuhan bayi dalam kandungan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi pegal-pegal saat hamil, diantaranya:

Gunakan penyangga perut khusus ibu hamil

Ibu hamil dapat menggunakan penyangga khusus perut untuk menahan beban yang berpusat di perut, mulai dari punggung dan area bawah panggul. Penggunaan penyangga perut akan mengurangi beban dari perut yang semakin besar, sehingga akan mengurangi rasa pegal yang di alami.

Mandi Air Hangat

Cara mengatasi pegal-pegal saat hamil yang selanjutnya yaitu dengan mandi air hangat. Mandi dengan air hangat diketahui dapat mengurangi rasa pegal di tubuh selama kehamilan. Selain itu, mandi dengan air hangat juga bisa melancarkan peredaran darah.

Terapi Pijat Kehamilan

Terapi pijat juga bisa Anda lakukan untuk membantu mengurangi rasa pegal yang dirasakan saat hamil. Selain itu, pijat kehamilan juga bermanfaat untuk meningkatkan peredaran darah, mencegah stres, dan mengurangi nyeri sendi.

Namun begitu, bumil jangan melakukan pemijatan yang sembarangan terlebih jika dalam trimester pertama. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Kompres Dengan Air Hangat

Selain mandi dengan air hangat, bumil juga bisa melakukan kompres air hangat pada area tubuh yang terasa pegal selama kurang lebih 15 menit. Dengan begitu, tubuh akan terasa lebih rileks.

Itulah beberapa cara mengatasi pegal-pegal saat hamil yang dapat Anda lakukan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Cara Mengatasi Pegal-pegal Saat Hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment