Monday, July 29, 2019

Manfaat Teh Tawar Yang Jarang Diketahui

Teh merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Terdapat beberapa jenis teh seperti teh hijau, teh hitam, dan teh olong. Semua jenis teh tersebut sangat nikmat jika diminum dalam keadaan manis bukan? Namun tahukah Anda jika ternyata teh tawar atau teh tanpa pemanis justru lebih menyehatkan. Lalu, apa saja manfaat teh tawar bagi kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Teh Tawar Untuk Kesehatan


Teh tawar atau teh tanpa tambahan gula saat ini lebih sering digemari masyarakat. Hal ini berkaitan dengan meningkatkan angka penderita penyakit diabetes. Selain itu, penggunaan teh dengan gula juga memiliki kandungan kalori yang banyak, sehingga akan membuat gigi menjadi mudah rusak dan berat badan berlebih. 

Berbeda dengan teh tawar yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan, tanpa menambah asupan kalori tubuh. Berikut beberapa manfaat teh tawar bagi kesehatan, diantaranya:

Menurunkan Kolestrol Jahat

Manfaat teh tawar yang pertama adalah dapat menurunkan kolestrol jahat. Hal ini dibenarkan dengan studi yang menembukan bahwa mengkonsumsi teh tawar secara rutin dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh hingga 11%.

Membuat Tubuh Menjadi Rileks

Mengkonsumsi teh tawar juga akan membuat tubuh menjadi rileks. Hal ini karena teh tawar memiliki kandungan L-theanin yang dapat merelaksasi tubuh.

Selain itu, L-theanin juga memberikan manfaat lain seperti memperbaiki mood, meredakan stres, dan meningkatan fungsi otak.

Melancarkan Peredaran Darah

Rutin mengkonsumsi teh tawar dipercaya akan melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini karena, kandungan polifenol dalam teh tawar dapat mencegah terjadinya pembentukan plak di pembuluh darah.

Hal tersebut juga akan membuat Anda tidak mudah mengalami penyempitan pembuluh darah. Adapun jenis tehyang direkomendasikan untuk melancarkan peredaran darah yaitu teh olong, teh hitam, dan teh hijau.

Menormalkan Kadar Gula Darah

Manfaat teh tawar yang selanjutnya yaitu dapat menormalkan kadar gula darah, hal ini berkat kandungan polifenol yang terdapat pada teh tawar yang mampu meningkatkan sensitivitas insulin di tubuh. Selain itu, polifenol yang terkandung dalam beberapa jenis teh juga bermanfaat untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2.

Menjaga Kesehatan Tulang

Teh tawar juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan tulang karena kandungan asam amino yang dimilikinya. Kandungan tersebut diketahui dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh yang nantinya akan sangat berfungsi untuk pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat teh tawar bagi kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Teh Tawar Yang Jarang Diketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment