Tuesday, July 30, 2019

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Setiap orang tentunya akan mengalami tekanan darah yang naik dan turun. Seseorang yang menderita tekanan darah rendah biasanya akan mudah mengalami sakit kepala dan lesu. Jika kondisi ini tidak segera mendapatkan penanganan maka bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami disini akan berbagi informasi mengenai cara mengatasi tekanan darah rendah. Yuks simak tips lengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah


Darah rendah merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah berada di bawah batas normal. Untuk mengetahui tekanan darah, Anda dapat melakukan pengukuran tekanan darah. Seseorang yang memiliki tekanan darah kurang dari 90/60 milimeter merkuri (mm Hg) bisa dikatakan sedang mengalami hipotensi (tekanan darah rendah).

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Berikut beberapa cara mengatasi tekanan darah rendah:

Meningkatkan Asupan Natrium

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi natrium alias garam. Natrium sendiri merupakan mineral alami yang tersedia dalam garam. Selain pada garam, natrium juga terkandung dalam buah, sayur, dan minuman olahraga.

Meskipun demikian, Anda tetap harus mengontrol asupan nutrium dalam tubuh. Karena jika kebanyakan asupan natrium akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Meningkatkan Asupan Cairan

Asupan cairan yang cukup pada tubuh dapat meningkatkan volume darah dan mencegah terjadinya dehidrasi, dimana kedua hal ini sangat penting dalam penanganan darah rendah. Untuk itu, Anda sangat disarankan meminum air 8 gelas dalam sehari.

Karena banyaknya cairan yang masuk akan meningkatkan volume darah dan peningkatan jumlah darah juga akan meningkatkan tekanan dalam pembuluh darah arteri. Sehingga Anda tidak akan mengalami tekanan darah rendah lagi.

Memperhatikan Posisi Tubuh

Perlu Anda ketahui bahwa memperhatikan posisi tubuh bisa menjadi cara sederhana untuk mengatasi tekanan darah rendah. Ketika Anda bangun tidur, berbaringlah terlebih dahulu kemudian baru duduk dan berdiri secara perlahan.

Selain itu, Anda juga bisa menyilangkan paha atau mengangkat kedua kaki secara perlahan untuk mendorong aliran darah dari kaki ke jantung. Hal ini dipercaya akan membantu mengatasi tekanan darah rendah yang sedang di alami.

Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Mengandung Gula

Selain mengkonsumsi natrium atau garam, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula. Khususnya gula dalam bentuk yang sudah di proses seperti gula jagung. Hal ini karena gula dapat menaikan tekanan darah.

Demikianlah informasi yang dapat kami samapikan mengenai cara mengatasi tekanan darah rendah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

1 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    ReplyDelete