Monday, July 29, 2019

Buah Untuk Melancarkan ASI Ibu Menyusui

Selama menyusui, bunda tentunya perlu mencukupi asupan agar ASI tetap lancar. Untuk itu, bunda sangat disarankan menerapkan pola hidup sehat dan seimbang, termasuk harus mengkonsumsi buah-buahan. Lalu, apa sajakah jenis buah yang baik untuk ibu menyusui? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Buah Untuk Melancarkan ASI Ibu Menyusui


Saat menyusui, tentunya bunda perlu mengkonsumsi makanan yang baik agar ASI tetap lancar dan memenuhi nutrisi pada bayi. Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang bisa memberikan nutrisi sangat penting bagi tumbuh bunda dan sang bayi. 

Namun, tidak semua buah memiliki nutrisi yang baik untuk menjaga kualitas ASI. Berikut beberapa jenis buah untuk melancarkan ASI ibu menyusui, diantaranya:

Pepaya Hijau

Pepaya hijau merupakan salah satu buah yang perlu dikonsumsi oleh ibu menyusui. Hal ini berdasarkan penelitian yang menyebut bahwa pepaya hijau mampu meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin pada ibu menyusui, sehingga dapat meningkatkan produksi ASI.

Namun meskipun demikian, efek pepaya hijau dalam meningkatkan produksi ASI masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi. Sehingga, bunda lebih disarankan untuk mengkonsumsi pepaya matang yang sudah terbukti mengandung vitamin A dan zat besi.

Blueberry

Buah untuk melancarkan ASI ibu menyusui yang selanjutnya yaitu blueberry. Selain memiliki rasa yang enak, blueberry juga mengandung banyak sekali nutrisi seperti antioksidan, vitamin C, dan serat serta karbohidrat yang dapat membantu menjaga stamina.

Alpukat

Buah yang memiliki warna kehijauan ini ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk ibu menyusui dan bayinya. Hal ini karena alpukat mengandung lemak sehat yang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk ibu menyusui. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin B, vitamin C, folat, dan asam oleat.

Kurma

Selain dijadikan santapan takjil pada bulan Ramadhan, kurma juga dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena kurma memiliki kadar hormon prolaktin yakni hormon pendorong produksi ASI. 

Tak hanya rasanya yang manis saja, kurma juga mengandung beragam nutrisi seperti zat besi dan vitamin B6 yang baik untuk ibu menyusui.

Itulah beberapa jenis buah untuk melancarkan ASI ibu menyusui. Semoga informasi diatas bermafaat bagi Anda.

Buah Untuk Melancarkan ASI Ibu Menyusui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment