Tuesday, July 30, 2019

Ternyata Ini Penyebab Kanker Usus Yang Perlu di Waspadai

Tahukah Anda jika ternyata kanker usus merupakan penyebab kematian terbanyak ketiga di dunia? Sampai saat ini masih belum ada yang dapat memastikan apa sebenarnya penyebab kanker usus. Namun begitu, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko seseorang menderita kanker usus. Berikut kami sajikan informasi seputar penyebab kanker usus.

Penyebab dan Faktor Resiko Kanker Usus


Kanker usus pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu kanker usus halus dan kanker usus besar. Kanker usus besar merupakan kanker usus yang paling sering terjadi.

Meskipun penyebab dari kanker usus ini belum dapat diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor yang ternyata bisa membuat seseorang memiliki resiko tinggi terkena kanker usus, yaitu:

Riwayat Kanker Usus Dalam Keluarga

Faktor resiko yang pertama yaitu karena adanya riwayat kanker usus dalam keluarga. Jika Anda memiliki orang tua atau saudara kandung yang mengalami kanker usus, maka resiko Anda menderita penyakit uang sama sangatlah tinggi.

Usia

Faktor usia juga dapat mempengaruhi seseorang terkena kanker usus. Menurut hasil penelitian lebih dari 90% kanker usus terjadi pada orang berusia diatas 50 tahun. Kanker usus juga diketahui lebih banyak dialami oleh laki-laki dibandingkan perempuan.

Merokok

Sudah tidak dihiraukan lagi jika merokok diketahui dapat meningkatkan resiko muncul berbagai jenis kanker. Kanker usus juga dapat terjadi akibat merokok, hal ini karena rokok mengandung zat karsinogen yang dapat terhirup dan masuk ke dalam darah, kemudian menyebabkan kanker pada paru-paru serta berbagai organ tubuh lainnya termasuk usus.

Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan ternyata dapat meningkatkan resiko pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan resiko kematian juga karena kanker. Perlu Anda ketahui juga bahwa resiko terkena kanker akan lebih besar pada laki-laki di bandingkan perempuan.

Pernah Menderita Kanker Usus

Seseorang yang pernah mengalami kanker usus dan dinyatakan sembuh diketahui dapat mengalami tumbuhnya sel kanker yang baru di dalam usus. Dan resiko ini akan jauh lebih besar jika seseorang terkena kanker usus di usia muda.

Demikianlah informasi mengenai penyebab kanker usus. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Ternyata Ini Penyebab Kanker Usus Yang Perlu di Waspadai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment