Monday, July 29, 2019

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Siapa yang kenal bawang merah? salah satu bumbu dapur ini pastinya sudah sangat familiar di masyarakat, karena hampir semua makanan Indonesia menggunakan bawang merah sebagai bumbu masakannya. Tak hanya mampu membuat makanan menjadi lezat, bawang merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat bawang merah bagi kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Kandungan Gizi dan Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan


Bawang merah diketahui memiliki kandungan zat gizi yang sangat berlimpah seperti kandungan kalori yang rendah, zat gizi makro yang terdiri dari karbohidrat dan air dan tidak mengandung lemak, vitamin C dan vitamin B6, mineral seperti kromium, serta indeks glikemik yang rendah.

Semua kandungan zat gizi tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah jurnal Pharmacological Reports yang terbit pada tahun 2009, disebutkan bahwa zat quercetin yang cukup tinggi pada bawang merah memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu Anda ketahui juga, bahwa seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi sangat beresiko mengalami penyakit degeneratif seperti stroke, gagal jantung, dan diabetes melitus.

Menurunkan Kolestrol Tubuh

Selain dapat menurunkan tekanan darah, bawang merah juga bermanfaat dalam menurunkan kolestrol tubuh. Hal ini sudah dibuktikan dengan terbitnya sebuah jurnal dalam Phytotherapy Research yang menyebutkan bahwa bawang merah bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

Para ahli percaya bahwa penurunan kolestrol ini terjadi akibat kandungan zat antioksidan serta zat bioaktif lainnya yang ada dalam bawang tersebut.

Mengandung Vitamin C

Bawang merah merupakan makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C sendiri merupakan vitamin esensial yang larut dalam air dan dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen. Perlu Anda ketahui, kolagen sangat penting bagi tubuh untuk membantu penyembuhan luka dan menjaga kesehatan serta kekebalan tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat bawang merah selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan bawang merah memiliki kandungan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Anne Mauney di Washington CD mengungkapkan bahwa bawang merah dapat menghilangkan radikal bebas dalam tubuh serta membantu mendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Membantu Mencegah Kanker

Bawang merah diketahui mengandung zat yang disebut dengan quercetin. Quercetin ini merupakan zat alami yang membuat bawang menjadi berwarna merah gelap. Menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center, zat quercetin ini termasuk zat antioksidan yang berperan dalam melawan efek radikal bebas dari tubuh. Antioksidan seperti quercetin ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. 

Itulah beberapa manfaat bawang merah bagi kesehatan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment