Monday, July 29, 2019

Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Tahukah Anda jika ternyata berjemur di pagi hari akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi tidak banyak mengandung sinar UV yang berbahaya bagi kulit. Sebenarnya, apa saja manfaat berjemur di pagi hari bagi kesehatan? Yuk simak informasinya berikut ini.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari


Selain membuat hangat tubuh dan memancarkan suasana indah di pagi hari, sinar matahari pagi juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Sinar matahari mengandung vitamin D yang tentunya sangat menyehatkan kulit. Selain itu, sinar matahari pagi juga memiliki peran untuk membunuh mikro bakteria, sehingga para ahli kesehatan sangat menyarankan untuk membuat rumah yang bisa mendapatkan manfaat sinar matahari pagi.

Berikut beberapa manfaat sinar matahari pagi untuk kesehatan, diantaranya:

Membentuk dan Memperbaiki Tulang

Sinar matahari sangat bermanfaat dalam menyehatkan tulang. Meningkatkan vitamin D dalam tubuh karena sinar matahari dapat meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal tersebut sangatlah baik dalam proses pembentukan dan perbaikan tulang serta mencegah penyakit seperti osteomalacia dan rakhitis.

Mengurangi Kadar Gula Darah

Perlu Anda ketahui bahwa sinar matahari merupakan insulin alami yang memberikan kemudahan dalam penyerapan glukosa yang masuk ke dalam sel-sel tubuh. Hal ini nantinya akan merangsang tubuh untuk mengubah gula darah menjadi glycogen, yang selanjutnya disimpan di hati dan otot. Proses tersebut merupakan proses penurunan gula darah.

Mencegah Kanker Prostat Bagi Pria

Peluang pria terkena kanker prostat akan meningkat jika mereka jarang terkena sinar matahari. Penelitian yang dilakukan oleh North Carolina Wake Forest Universitty pada tahun 2005 menyatakan bahwa kurangnya sinar matahari akan meningkatkan kemungkinan pria terkena kanker prostat.

Mencegah Diabetes Tipe 1

Para ahli berpendapat bahwa vitamin D memiliki efek pencegahan terhadap diabetes. Menurut sebuah studi pada tahun 2006 yang dilakukan oleh University of Lund dan Malmo University Hospital, di Swedia menunjukan bahwa konsumsi vitamin D di awal kehidupan sangat baik untuk merendahkan resiko terkena diabetes tipe 1.

Memperbaiki Suasana Hati

Tahukah Anda jika ternyata berjemur di bawah sinar matahari pagi dapat memperbaiki suasana hati. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi dapat merangsang pembentukan serotonin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam membuat perasaan menjadi nyaman dan tentram.

Itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Manfaat Berjemur di Pagi Hari Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment