Saturday, September 1, 2018

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Punggung


Kok bisa ada jerawat di punggung? Pada umumnya jerawat bisa tumbuh dimana saja salah satunya di punggung. Karena pada umumnya punggung memiliki banyak kelenjar sebasea yang mengeluarkan minyak kulit (sebum) lewat folikel rambut untuk memberi kelembaban pada kulit danrambut. Jika jumlah minyak yang dihasilkanberlebih, maka folikel rambut pada kulit akan tersumbat. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan kemunculan bakteri hingga terbentuknya jerawat pada punggung.


Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Punggung


Penyebab jerawat punggung sama dengan jerawat pada wajah yaitu karena kelenjar minyak yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati dan menjamurnya bakteri penyebab jerawat. Jerawat punggung bisa jadi lebih parah dibandingkan jerawat pada area tubuh lainnya. Hal ini dikarenakan kulit pada punggung yang sangat tebal, sehingga peradangan yang terjadi akan lebih dalam dari permukaan dan daerah peradangan akan lebih besar.

Namun tidak semua orang yang berjerawat memiliki jerawat punggung, namun hampir semua orang yang memiliki jerawat punggung juga memiliki jerawat di wajah. Jerawat punggung harus segera diatasi. Dan berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat punggung.

Gunakan sabun mandi yang mengandung benzoyl peroxide dan salicylic acid untuk masalah jerawat ringan.

Jika Anda memiliki jerawat di punggung yang tergolong ringan dan hanya muncul sesekali, Anda bisa langsung membersihkan badan dengan sabun yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat. Anda dapat menggunakan sabun ini setiap hari, namun jangan menggosokannya terlalu kencang karena dapat menyebabkan jerawat semakin memburuk.

Gunakan Obat Oles dan Antibiotik Minum

Anda juga bisa menggunakan obat antibiotik topikal yang dioleskan pada kulit sekali atau dua kali sehari. Antibiotik ini akan bekerja membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Gunakan obat yang mengandung isotretinoin (accutane)

Jika sebelumnya Anda menggunakan antibiotik topikal namun jerawat masih saja ada, maka Anda bisa menggunakan isotrerinoin. Namun isotrerinoin memiliki efek samping yang serius dan juga membutuhkan pemantauan konstan untuk menghindari kehamilan. Dan jika dikonsumsi oleh wanita hamil, obat ini bisa menimbulkan cacat lahir.

Segera Mandi Setelah Berkeringat

Keringat yang menempel pada kulit dan pakaian dapat membangkitkan bakteri penyebab jerawat. Oleh karena itu, Anda diharuskan untuk segera mandi setelah berolahraga agar keringat dan bakteri menghilang sebelum menyumbat pori-pori.

Cara Mencegah Jerawat Punggung


Untuk mengurangi resiko terkena jerawat punggung, Anda dapat melakukan beberapa tindakan pencegahan seperti berikut ini:

  • Mandi setelah melakukan berbagai aktivitas
  • Batasi penggunaan produk berbasis minyak
  • Cuci kulit secara teratur dengan pembersih lembut
  • Jaga kebersihan rambut
  • Kenakan pakaian yang longgar
  • Jangan sesekali Anda memecahkan atau memencet jerawat punggung
  • Penuhi asupan nutrisi cairan
  • Hindari paparan sinar matahari yang berlebih


Jerawat punggung mungkin memang terlihat sepele, namun ternyata jerawat punggung dapat menjadi pemicu gangguan kesehatan yang lebih berbahaya. Oleh karena itu, jika muncul bintik jerawat di punggung, segeralah pergi ke dokter kulit untuk melakukan konsultasi dan agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah informasi mengenai cara mencegah dan mengatasi jerawat punggung yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Cara Mencegah dan Mengatasi Jerawat Punggung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment