Friday, September 14, 2018

Tips Menjaga Mata Agar Sehat Meskipun Bekerja Di Depan Komputer


Anda tentu tahu bahwa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam di depan layar komputer itu sangatlah tidak sehat. Apalagi jika Anda diharuskan untuk terus menatap layar komputer selama 9 jam perhari karena pekerjaan yang mungkin mengahruskan Anda untuk selalu meloroti layar komputer. Hal itu pastinya akan menyebabkan mata menjadi sakit karena kelelahan.




Mata lelah atau ketegangan mata akibat terlalu lama di depan komputer memang sangat umum terjadi. Adapun gejala umum mata lelah yang biasa dirasakan yaitu :

  • Sulit untuk fokus
  • Mata kering atau mata basah
  • Mata iritasi atau mata tegang
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri di leher, pundak atau punggung
  • Penglihatan ganda atau kabur


Gejala-gejala seperti diatas tentu akan sangat mengurangi produktivitas sehari-hari Anda bukan? termasuk dalam urusan pekerjaan. Akan tetapi hal itu dapat Anda antisipasi dengan menerapkan pola tidur yang baik dan sehat, karena pada umumnya jika Anda tidur maka mata bisa beristirahat dan mendapatkan kembali nutrisi yang dibutuhkan untuk bekerja kembali di hari besok.

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat


Banyak Minum Air Putih


Bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja, meminum air putih yang banyak setiap harinya juga akan membantu menjaga kelembaban kulit. Memperbanyak minum air putih terutama bagi Anda yang bekerja di depan komputer akan menyebabkan Anda harus lebih sering pergi ke kamar kecil, hal itu tentu saja akan membuat Anda harus menggerakan tubuh.


Bunyikan Nada Alarm Satu Jam Sekali


Anda dapat melakuakn tips membunyikan alarm pada satu jam sekali sebagai peringatan bahwa Anda harus menggerakan tubuh seperti naik turun tangga atau berjalan-jalan di sekitar ruangan agar otot tubuh dan tentunya agar mata Anda tidak terus fokus pada layar monitor.


Atur Pencahayaan Layar Komputer Anda


Anda tentunya harus mengatur pencahayaan pada komputer agar tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup. Dan jika Anda diharuskan untuk membaca sebuah dokumen yang panjang atau menggunakan komputer dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda gunakan layar komputer LCD dan ubah ukuran hurufnya aga lebih besar.


Sering Berkedip


Hal tersebut mungkin akan sangat aneh di dengar, namun cara ini akan sangat membantu Anda mengurangi resiko terkena berbagai gangguan mata karena terlalu lama mentap monitor. Selain berkedip, menutup mata beberapa saat juga sangat bermanfaat untuk mengistirahatkan mata agar tidak kelelahan.


Atur Jarak Pandang Komputer dengan Mata


Jauhkankomputer kurang lebih 50-66 cm dari jarak mata Anda. Usahakan agar monitor sejajar dengan jarak pandang mata Anda. Anda juga bisa memiringkan layar monitor ke belakang sekitar 19-20 derajat. Hal ini tentu akan sangat berguna agar jarak pandang menjadi lebih optimal. Dan jika jarak pandang tak seimbang, maka mata dan persendiaan akan beresiko mengalami gangguan seperti mata kering, sakit leher dan bahu.

Demikianlah informasi mengenai Tips Menjaga Mata Agar Sehat Meskipun Bekerja Di Depan Komputer yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Tips Menjaga Mata Agar Sehat Meskipun Bekerja Di Depan Komputer Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment