Wednesday, September 19, 2018

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting peranya. Karena dengan mata maka kita dapat melihat keindahan yang ada di dunia ini. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita selalu menjaga kesehatan mata agar tetap berfungsi dengan normal dan terhindar dari berbagai macam gangguan yang akan membuat mata mengalami masalah terutama dalam penglihatan.



Makanan mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata. Makanan yang baik untuk kesehatan mata yaitu makanan yang mengandung mineral dan antioksidan, makanan dengan kandungan tersebut di percaya dapat meningkatkan indera penglihatan serta dapat menurunkan risiko terkenan katarak dan degenerasi makula.

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata


Beberapa jensi makanan yang mengandung antioksidan yang terdiri dari berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, C dan E sangatlah baik untuk kesehatan mata. Buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan mineral juga sangat membantu meningkatkan kesehatan mata.

Berikut adalah beberapa jensi makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata, diantaranya:

Wortel

Wortel adalah salah satu sayuran yang terkenal sebagai makanan yang dapat menyehatkan mata. Hal ini karena wortel memiliki kandungan berupa beta-karoten yang tinggi sehingga akan sangat baik untuk kesehatan mata. Sehingga jika memakan 1 buah wortel berukuran sedang, itu berarti kita sudah memberikan sekitar 5.000 IU vitamin A pada tubuh yang akan membantu menjaga kesehatan mata.

Makanan Laut

Makanan laut terkenal sebagai sumber asam lemak omega-3 yang baik. Manfaat dari kandungan onega-3 inilah yang bisa meningkatkan fungsi penglihatan dan mencegah AMD (degenerasi makula akibat usia), selain itu omega yang cukup juga dapat membantu melawan sindrom mata kering. Untuk menjaga kesehatan mata, kita dapat mengkonsumsi salmon, tuna dan sarden yang cukup.

Kentang

Tak banyak yang tahu bahwa ternyata kentang juga dapat menjadi makanan yang baik untuk kesehatan mata. Hal ini karena kentang memiliki kandungan beta-karoten dan vitamin lainnya. Anda dapat mengkonsumsi kentang dengan memotongnya menjadi strip tipis lalu panggang dalam oven dengan menggunakan sedikit minyak zaitun.

Telur

Telur juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata karean memiliki kandungan berupa protein, vitamin E, lutein dan omega-3. Anda dapat mengolah telur dengan berbagai kreatifitas masakan agar tidak bosan dalam menyantapnya.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik dan kita sangat membutuhkan vitamin C untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Berkat vitamin C yang terkandung dalam jeruk, menjadi buah jeruk ini sebagai salah satu buah yang dapat mebcegah AMD.

Gandum

Gandum atau biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, roti gandum, oat dan pasta gandum juga dapat meningkatkan kesehatan mata karena mereka mengandung vitamin E, seng, dan niasin (vitamin B3). Makanan yang mengandung indes glikemik rendah ini juga dapat membantu mengurangi degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.

Tomat

Tomat memiliki kandungan likopen, yaitu senyawa yang melindungi mata dari radaiasi UV yang berbahaya. Serta memiliki kandungan vitamin E yang dapat mencegah kerusakan retina, sehingga jika kita mengkonsumsi tomat secara rutin akan membantu mempertahankan penglihatan yang baik.

Demikianlah informasi mengenai "Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Mata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment