Sunday, September 2, 2018

Kandungan Dan Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh


Tahu atau tofu merupakan salah satu makanan yang terbuat dari kedelai dan merupakan makanan yang sangat lekat dengan orang Indonesia. Hampir setiap hari tahu dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan atau cemilan. Proses pembuatannya sendiri dapat memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari mencuci kedelai hingga mencetak ampas kedelai menjadi tahu. Meskipun prosesnya cukup melelahkan, namun itu semua dapat seimbang dengan banyaknya manfaat yang akan diperoleh bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Rajin mengkonsumsi tahu akan membuat tubuh menjadi sehat. Berikut kami sajikan beberapa manfaat tahu bagi kesehatan.


Kandungan dan Manfaat Tahu Bagi Kesehatan


Kandungan Nutrisi Pada Tahu

Tahu memiliki kandungan tinggi protein dan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Tahu juga mengandung lemak, karbohidrat dan banyak jenis vitamin dan mineral. Dalam 100 gram tahu mengandung:

Protein: 8 gram
Karbohidrat: 2 gram
Serat: 1 gram
Lemak: 4 gram
Mangan: 31% 
Kalsium: 20% 
Selenium: 14% 
Fosfor: 11% 
Tembaga : 11%
Magnesium: 9% 
Zat besi: 9% 
Zinc: 6% 

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan


Menjaga Keseimbangan Kardiovaskular

Menurut sebuah penelitian mereka menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi produk olahan kedelai secara teratur seperti halnya tahu bisa menurunkan kadar kolestrol dan lemak jenuh dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena tahu mengandung natrium yang rendah.

Memiliki Sifat Anti Kanker

Kandungan isoflavon dalam tahu sangat terkenal dengan manfaatnya yang dapat mengurangi resiko kanker. Berdasarkan hasil penelitian mereka menunjukan bahwa konsumsi tahu dapat mengurangi resiko kanker endometrium pada wanita pasca menopause. Tahu juga bisa menurunkan resiko kanker payudara, prostat dan juga paru paru.

Mengobati Penyakit Ginjal

Kandungan mineral yang terdapat dalam tahu dapat menjadi tambahan untuk program diet ginjal. Tahu juga memiliki kandungan berupa protein, fosfor dan sodium yang dapat membantu merawat penyakit ginjal kronis.

Mencegah Anemia

Anemia dapat berkembang bila tubuh kekurangan zat besi, yang mengakibatkan terjadinya penurunan jumlah sel darah merah. Tahu dapat menjadi sumber zat besi yang sangat baik untuk bisa membantu mencegah anemia. Hal ini juga dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan china menunjukan bahwa tofu dapat membantu menurunkan resiko anemia pada orang dewasa.

Kesehatan Otak

Tahu juga diketahui bisa meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif bagi wanita berusia di atas 65 tahun. Kandungan lesitin yang ada dalam tofu membantu tubuh memproduksi fosfolipid asam fosfatidat (PA) dan fosfatidilserin (PS), yang membantu fungsi neuron.

Mengobati Asam Urat

Sebuah penelitian menunjukan bahwa tahu merupakan sumber protein yang baik terutama pada pasien asam urat dengan clearance asam urat lebih banyak dari pada batas normal yang lebih rendah. Mereka yang menderita asam urat disarankan untuk mengkonsumsi tahu dengan porsi yang cukup tidak boleh berlebihan.

Menyembuhkan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat disembuhkan namun dapat dikurangi. Kadar gula darah yang tinggi dapat diturunkan dengan cara rutin mengkonsumsi tahu. Hal ini karena kandungan dalam tahu yang paling banyak adalah protein.

Menyembuhkan Penyakit Osteopororsis

Bagi Anda yang telah memasuki usia lanjut sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi tahu. Dengan mengkonsumsi tahu secara rutin akan menjaga kesehatan tulang agar tidak mudah rapuh. Tahu juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit osteoporosis. Lebih tepanya dapat meminimalisir gangguan yang diakibatkan karena penyakit tersebut.

Demikianlah informasi mengenai kandungan dan manfaat tahu bagi kesehatan tubuh yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Kandungan Dan Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment