Sunday, September 23, 2018

Kandungan dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Tomat sendiri merupakan salah satu buah yang tidak mengenal musim sehinga keberadaannya mudah ditemuakan dimana saja dan kapan saja. Tomat memiliki rasa keasaman yang khas sehingga sering digunakan sebagai salah satu bumbu pada masakan terutama masakan khas Indonesia. Namun tidak hanya sebagai bumbu masakan saja, kandungan nutrisi di dalam tomat juga dapat memberikan efek yang sangat bermanfaat bagi tubuh.



Adapun kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tomat meliputi folat, kalium, vitamin A, C dan K, sodium, lemak jenuh, kolesterol dan kalori rendah serta kandungan mineral seperti magnesium, vitamin B6, niacin, thiamin, fosfor dan tembaga. Selain itu, tomat juga mengandung 4 jenis karotenoid utama yaitu betakaroten, alpha, lutein dan lycopene. Dan berikut kami akan menyampaikan manfaat tomat bagi kesehatan.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan


  • Mengatasi Peradangan

Manfaat tomat yang pertama yaitu dapat mengatasi peradangan, hal ini karena tomat mengandung tomatine. Selain itu, asam sitrat yang terkandung di dalam tomat juga memiliki manfaat untuk mengangkat lemak dan kotoran pada wajah. Tomat juga sangat bermanfaat sebagai antioksidan karena mengandung vitamin C dan betakaroten.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan betakaroten yang terdapat di dalam tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata agar selalu sehat. Hal ini diperjelas dengan sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa, makanan yang kaya akan vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

  • Menjaga Berat Badan

Manfaat tomat yang selanjutnya yaitu dapat menjaga berat badan. Jika Anda yang ingin menurunkan berat badan atau diet konsumsi tomat setiap hari adalah salah satu solusi yang tepat, karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat diet.

  • Mengatasi Penyakit Jantung

Antioksidan likopen yang terkandung dalam tomat dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung, meminimalisir kerutan pada wajah dan bintik hitam karena cahaya matahari. Manfaat tomat dalam menurunkan resiko terkena penyakit jantung ini karena kandungan kalium dan likopennya sangat efektif dalam menurunkan kadar kolestrol buruk atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Selain bermanfaat bagi kesehatan jantung, likopen yang terkandung dalam tomat juga bermanfaat bagi kesehatan tulang. Hal itu karena kadar likopen yang sangat tinggi di dalam tomat dapat menurunkan kesempatan seseorang mengalami patah tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi tomat secara rutin dapat menjaga kesehatan tulang.

  • Mengatasi Kerontokan Rambut

Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam tomat dipercaya sangat baik untuk menjaga kilauan dan kekuatan rambut. Anda dapat mengolah tomat menjadi jus kemudian Anda keramas dengan jus tomat tersebut.

  • Memperbanyak ASI Ibu Menyusui

Tak banyak yang tahu jika ternyata tomat merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui. Hal ini di dapat dari kandungan likopen yang terkandung pada tomat. Anda dapat mengolah toma dengan cara dimasak terlebih dahulu atau dijadikan bubur tomat. Karena peneltian menyebutkan bahwa tomat yang diolah terlebih dahulu akan memberikan efek peningkatan konsentrasi likopen dalam ASI yang lebih banyak dibandingkan dengan tomat segar.

Demikianlah informasi mengenai "Kandungan dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh" yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih :)

Kandungan dan Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sinta Ristia

0 comments:

Post a Comment